Yamaha Sunday Race 2018 Sentul : Torsi Spesial, Rafid Topan Spesial, Jawara Sport 150 !

BeritaBalap.com-Perfoma Yamaha YZF-R15 milik Rafid Topan (Yamaha HDS Racing Team) begitu spesial. Begitu enteng melibas lawan. Terbukti sukses merebut podium juara Sport 150 cc Pro Rider yang notabene adalah kategori pebalap profesional. Demikian berlangsung dalam seri pertama Yamaha Sunday Race 2018 di Sirkuit Sentul, Bogor (7-8 April).

“Riset kita saat ini fokus pada upaya untuk membuat umur part mesin lebih lama. Jadi tidak mengejar RPM tinggi lagi. Sebelumnya bisa tembus hingga RPM 15000, sedang saat ini cukup RPM 14600. Hitung-hitung menghemat pembelanjaan part mesin, “terang Hawadis, akrab dipanggil Om Hawadis selaku tuner dan pemilik tim Yamaha HDS Racing Team.

Hawadis (kanan) dan Robert Cong (kiri), duo mekanik Yamaha HDS Racing Team

“Lumayan untuk menghemat piston dan ring, juga klep, “timpal Robert Cong selaku mekanik yang berhubungan dengan mapping ECU pengapian aRacer. Hawadis dan Robert Cong ini memang duet-maut, Mereka tidak terpisahkan.

koizumi

Mereka saling mengisi untuk menghasilkan mesin yang spesial. Spesial langganan podium juara. Bicara karakter torsi yang lebih baik, dipastikan membutuhkan keahlian dalam mengontrol motor. Nah, ini memang bidangnya Rafid Topan. Dia jagonya saat keluar tikungan.

Lebih lanjut, untuk mengurangi efek torsi yang ditingkatkan, maka angka final gear R15 dibuat lebih berat. Motor lebih gampang dijinakkan, dan juga tenaga atas lebih mulur. “Ini kita pakai perbandingan 15-45, biasanya 15-47, “tutur Om Hawadis yang pastinya mengaplikasi Throttle Body SYS diameter 33 mm.  Kalau gir dan rantai, pastinya produk FSCM, “tambah Om Hawadis. BB1        

 

Facebook Comments

You May Also Like