Spek Mesin MX King Tim M2S Kate Kalteng Peraih Poin Terbanyak Expert (MP1) MotoPrix Mijen

BeritaBalap.com-Rider Aqsal Ilham dengan bendera tim M2S Kate Kalteng meraih poin terbanyak dalam kelas Expert (MP1) Kejurnas MotoPrix 2024 region B (Jawa) yang seri ke-3 nya berlangsung di Sirkuit Mijen Semarang, Minggu kemarin (5-6 Oktober).

MX Kingnya yang diriset anak-anak bengkel Kate Montor Maboer Jogjakarta ini meraih podium juara di race awal (1) dan runner-up di race ke-2 MP1. Jadi beroleh 45 poin dalam 2 race yang tersaji dan ini terbaik alias terbanyak. Paham ya !

Oh ya, sekilas informasi saja, tim M2S ini milik Bos Yayan Tingan asal Murung Raya Kalteng. Makanya nama tim setelah dikolaborasi menjadi M2S Kate Kalteng. Mereka sudah jalin hubungan lama. Sudah seperti keluarga.

koizumi

BACA (JUGA) : Bengkel Kate Motor Berjaya ! Podium 1-2 Expert Diborong di Race 2 MotoPrix Mijen

Jangan lupa pula, jawara MP1 di race 2 MotoPrix 2024 Mijen yang direnggut Wawan Wello (Putera Mandala), ternyata pula MX King garapan Kate Montor Maboer Jogjakarta. Makin dominan ya.

Aqsal Ilham yang podium juara di Race 1 dan runner-up di Race 2 MP1 (Expert) Kejurnas MotoPrix 2024 Mijen Semarang

Lebih lanjut, tentu saja menarik untuk mengetahui spesifikasi mesin Yamaha MX King Aqsal Ilham yang disebut peraih poin terbanyak dan diriset Bengkel Kate Montor Maboer Jogjakarta.

“Hasil dyno kita, tenaganya 32 HP (Horse Power), sedangkan torsi 19 nM, “tukas Aan Kate yang mengomandoi riset dan pengembangan. Aan, sapaan akrabnya menyebut bahwa konsen mereka adalah riset gearbox yang bisa efektif  tapi optimal. Secara logika sederhana, harus jos ketika berhadapan dengan regulasi RPM 14 ribu yang ditetapkan IMI.

“Kemarin di Mijen, itu sampai RPM 13.800. Tapi kita optimal dengan gearbox baru yang fokusnya pada karakter RPM tengah hingga atas, “ucap Aan Kate yang lebih pede dengan ECU aRacer Super X. Dalam konteks ini, RPM tertinggi yang dicapai, itu berlangsung sebelum tikungan putar-balik yang memang trek lurusnya relatif panjang.

Tuner Aan Kate yang menyebut bahwa riset saat ini konsen pada gearbox yang disesuaikan dengan karakter lintasan dan batasan regulasi RPM pacuan MP1 yang 14.000.

Patut dipahami juga, kalau perbandingan angka rasio masih dalam tahap ujicoba. Intinya, yang fokus pada tenaga di RPM menengah dan atas dengan karakter kuat. Tahan banting dalam berbagai tingkatan RPM. Itu kata Aan Kate ya.

Ketika Berita Balap menyodorkan opsi hitungan beberapa rasio, apa jawaban Aan Kate ? “Hitungannya berbeda dari yang kebanyakan, Mas. Ini masih coba-coba. Intinya buat RPM tengah hingga atas, “tambah Aan Kate yang menyebut untuk final gear bermain di angka 14-49.

Bicara suplai bahan bakar dan udara dikawal throttle body berdiameter 28 mm. Ini dengan support diameter klep kombinasi 22/19 untuk sisi in dan outnya. Durasi camshaft relatif tinggi di angka 272 derajat. Nafasnya panjang. Tidak hanya teriak. Terus mulur melayani kemauan hati pembalap.

Oke, sekali lagi, selamat atas pencapaian prestasi di Kejurnas MotoPrix 2024 Mijen Semarang. BB1

 

Facebook Comments

You May Also Like