Bongkar Rahasia Mesin MX King Akai Jaya by MBKW2, Jawara MP1 (150 cc) Final Yamaha Cup Race 2018

BeritaBalap.com-Perfoma Yamaha MX King 150 dari tim Yamaha BAF Yamalube Akai Jaya STSJ MBKW2 tiada lawan. Seeded Arianto Tarzan melenggang jauh meraih podium terbaik kelas paling bergengsi YCR1 alias MP1 (150 cc). Itu dalam gelaran akbar final Yamaha Cup Race 2018 di Sirkuit Mijen, Semarang, Minggu kemarin (2 Desember).

Arianto Tarzan, podium juara MP1 Yamaha Cup Race 2018 Semarang

Tentu saja, konteks ini menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Andi Akai selaku pemilik tim asal Palu, Sulawesi Tengah, juga Direktur dari CV Akai Jaya selaku main dealer Yamaha untuk wilayah Sulawesi Tengah. Maklum saja, beliau juga membawa nama STSJ dan ingin membuktikan diri kepada saudara se-biru atau saudara tua sesama main-dealer.

 

Tim Yamaha Akai Jaya STSJ MBKW2 menjadi tim terbaik Yamaha Cup Race 2018

Lebih lanjut, portal BeritaBalap.com selalu tampil berbeda. Investigasi lebih mendalam dan siap membahas apa rahasia mesin Yamaha MX King yang digawangi mekanik Yogi MBKW2.

“Kalu didyno-test saat berangkat, tenaga 31,9 HP dan torsinya 18,4, “terang Yogi MBKW2 yang memang sudah masuk tahun ke-5 dalam menangani tim balap Yamaha Akai Jaya.

Bagi yang belum paham, ini dream-teamnya region Sulawesi ya. Selalu langganan juara nasional Kejurnas Motoprix. Komandan lapangan ialah Keysie. Orangnya selalu murah senyum dan selalu tampil ceria. He he he he…

Yogi MBKW2 mekanik yang menukangin mesin MP1 Arianto Tarzan (Yamaha Akai Jaya)

Nah, Yogi MBKW2 terbukti nyata memanfaatkan skill istimewa dari Arianto Tarzan, yaitu rolling speed di RPM relatif tinggi. Apa dong trik mekanisnya ? Bahwa camshfat diplot dengan durasi tinggi dibarengi dengan porting gede dan berani dengan perbandingan final-gear yang berat dua mata dari banyak yang diaplikasi.

“Durasi bermain di angka 260 derajat hingga lift mencapai 8,9 mm. Untuk diameter porting 34 mm, “ujar Yogi MBKW2 yang menggunakan klep kombinasi diameter 24 dan 21 mm.

Alhasil, tenaga atas tidak hanya teriak. Mulur atau terus jalan hingga mencapai RPM 14.300-an. Oh ya, final-gearnya efektif pada angka 14-46 sesuai permintaan Arianto Tarzan. Untuk rasio, paket dari produk Moto1 yang memang banyak dijual di pasaran.

“Untuk perbandingan kompresinya 13,4 : 1 dengan AFR 11,7. Jadi itu dibuat rada basah karena memang gaya bermain Arianto tarzan yang agresif, termasuk berani late-braking dan buka throttle gas lebih responsif, “tambah Yogi MBKW2 yang punya hobi jalan-jalan ke mall. Sama siapa ya ? Ya sama teman-teman toh ! Gimana sih… Oke, ya sampai jumpa. BB1

Hasil Juara YCR1/MP1 Yamaha Cup Race 2018 Semarang :

 

Facebook Comments

You May Also Like