Pirelli Motorprix 2018 Sidrap : MX King 150 Hajar Sonic (MP1), Kuncinya Gir Berat !

BeritaBalap.com-Yamaha MX King 150 tiada lawan. Tiada yang berani mendekat. Jika lawan mendekat, langsung dihajar. Langsung KO ! He he he he. Itu bukan perkelahian bro dan sista. Tapi kompetisi balap Kejurnas road race yang memeluk titel Pirelli Motorprix 2018 region Sulawesi yang dihelat di Sirkuit Puncak Mario, Sidrap, Sulsel, semalam (24 Februari).

Bahwa MX King 150 yang dibesut Handy Tuahatu dengan klaim tenaga 31,2 HP (Horse Power) merebut podium juara kategori bergengsi MP1 (150 cc). Oh ya, tenaga puncaknya di RPM 13.400. Alhasil dan terbukti Honda Sonic 150R tiada mampu memberikan perlawanan. Jauh diasapi alias tertinggal.

Perbandingan final-gear berat dengan hitungan efektif 14-45

“Kuncinya gir yang kita pakai lebih berat. Alhasil, saat lap-lap awal, main aman dahulu dengan aplikasi hingga rasio 5 saja. Padahal ini dengan gearboks 6 percepatan. Demikian untuk menjaga dayatahan mesin. Nah, dalam 5 lap terakhir, Handy hajar lawan dengan menggunakan persneling 6, terutama di trek lurus utama hingga makin jauh tinggalkan musuh, “terang Yogi Sujiwo MBKW2 selaku chief-mechanic tim naungan Handy Tuahatu, yaitu Yamaha BAF Yamalube Akai Jaya MBKW2 Racing yang notabene berasal dari Palu. Kalau pemilik timnya, Andi Akai yang juga owner dari main-dealer Yamaha Akai Jaya untuk wilayah Sulawesi Tengah. Beliau juga datang (Hasil Lomba Dibawah Berita).

koizumi
Andi Akai sebagai pemilik tim (kiri) dan Yogi MBKW2 selaku mekanik, angka 5 pada tangan menjadi simbol 5 tahun kebersamaan

Sehubungan final-gear, Yogi MBKW2 mematok angka gir berat 14-45 dengan rasio full-set by Moto1. “Durasi camshaftnya sekitar 274-276 derajat, “ujar Yogi MBKW2 yang mematok limiter RPM cukup 13.900. Disebutnya, bisa saja lebih dari RPM 14.000 namun beresiko dengan dayatahan piston.

Bicara knalpot pastinya Cream-pie Racing Yogyakarta

Oh ya (lagi), karena balap malam hari dengan kelembaban udara dan suhu yang berbeda dengan siang hari, maka suplai bahan bakar dalam mapping ECU aRacer diatur ulang. “Untuk AFRnya 13,8 sampai dengan 14, “tambah Yogi MBKW2 yang memang komandan bengkel MBKW2 untuk pacuan-pacuan berbasic Yamaha. Oke, selamat ya. BB1  

Spesifikasi :

Throttle-Body : SYS 33

Injektor : UMA Racing (240 mm)

ECU : aRacer

Knalpot : Cream-pie Racing Yogyakarta

Final-Gear : 14-45 (Sirkuit Puncak Mario, Sidrap)

Facebook Comments

You May Also Like