Akhirnya Kolaborasi Petronas-SIC-Yamaha Dapat 2 Kursi MotoGP 2019 !

BeritaBalap.com-Pada akhirnya, kolaborasi alias sponsor yang keroyokan yaitu Petronas, manajemen Sepang International Circuit (SIC) dan Yamaha dapat jatah dua kursi MotoGP 2019. Jadi mereka mengambil-alih jatah tim Angel Nieto Team yang memang dalam beberapa tahun belakangan bermasalah dalam finansial.

Bukan rahasia umum, Karel Abraham ikut membayar agar dapat balap di pasukan yang dikomandoi Jorge Martinez tersebut. Pastinya ada bantuan signifikan dari Dornas selaku promotor penyelenggara. Sekali lagi dietagskan,  manajemen tim asal Spanyol tersebut diambil-alih. Dalam konteks ini, termasuk pengelolaan tim Moto2 dan Moto3.

Ingat pula, tim Moto3nya Jorge Martinez punya sejarah manis. Beberapa kali meraih juara dunia sejak era GP125. Termasuk saat seri Le Mans Perancis memborong podium juara dan runner-up lewat joki Alberto Arenas dan Andrea Migno.

koizumi

Anyway, Dorna memang sangat mendorong agar Asia punya tim MotoGP. Penting buat promosi MotoGP. Kalau tim Spanyol sudah terlalu banyak. Pada sisi lain, Bos Sepang, Dato Razlan Razali (Fotonya menjadi gambar utama berita ini) memang semangat sekali untuk membangun sebuah tim MotoGP.

Maklum saja, saat ini pamannya Mahathir Mohamad kembali menjabat Perdana Menteri Malaysia. Ada power dong ! Buktinya terus berkomunikasi dan langsung hadir di seri Le Mans Perancis dan Mugello Italia untuk bernegosiasi. Menurut rencana, formasi kolaborasi sponsor ini akan diisi Dani Pedrosa dan Franco Morbidelli.

Namun ada satu permintaan Pedrosa ialah mesin 2019 yang sama dengan yang dipakai Rossi dan Vinales (Movistar Yamaha). Oh ya, sehubungan tim Marc VDS yang diprediksi tidak akan bermain MotoGP lagi (2019) dan fokus ke Moto2, maka akan menjadi keberuntungan bagi Dorna karena tidak memberi jatah duit 5,5-5,8 juta dollar lagi.

Lumayan menghemat sekitar Rp. 80 milyar. Nah, sehubungan jatah dua kursi Marc VDS ini kabarnya akan dipersiapkan Dorna untuk tim MotoGPnya milik Valentino Rossi ketika VR46 pensiun setelah 2020 . Ada informasi pula, bahwa kru-kru MotoGP tim Marc VDS akan diajak oleh kolaborasi sponsor besar ini. Oh begitu… BB1 

Facebook Comments

You May Also Like