Aprilia RS-GP Terbaru Pakai Sudut Silinder 90 Derajat, Ini Alasannya…

BeritaBalap.com-Para teknisi tim pabrikan Aprilia diberitakan sedang meriset dan membangun motor terbaru Aprilia RS-GP. Ini untuk pertama kalinya sejak terakhir musim gugur 2015. Tentu saja, langkah ini sebagai solusi atas mesin sebelumnya yang tidak kompetitif.

Nah, ada yang berbeda, bahwa sudut silinder untuk yang terbaru nanti menjadi 90 derajat. Itu perubahan ekstrimnya dibanding sebelumnya yang 72 derajat (2016). Alhasil, angka 90 derajat tersebut sama dengan yang diaplikasi oleh tim berbasic Honda, Ducati dan KTM.

Secara sederhana, bahwa dengan konstruksi tersebut, maka proses pembakaran menjadi lebih baik. Gas aktif lebih padat berisi. Mesin juga menjadi lebih ramping.

koizumi

“Sudut silinder 90 derajat itu adalah solusi optimal, “ujar mantan desainer Aprilia, Jan Witteveen. “Itu akan membuat area inlet lebih optimal, juga dapat menempatkan airbox dengan volume asupan yang lebih besar. Termasuk mesin dapat dibuat lebih simpel, “tambahnya.

Lebih lanjut, Witteven melanjutkan : “Sejak April 2016, Aprilia memiliki sudut silinder 72 derajat di MotoGP. Tapi itu jelas bahwa 80 derajat lebih baik dari 72. Dan 85 derajat lebih masuk akal daripada 72. Dan 90 derajat dianggap optimal. Honda bahkan memiliki sudut-V yang 92 derajat.”

Namun memang mesin anyar Aprilia RS-GP belum akan turun pada tes Sepang, Malaysia (7-9 Februari). Bahkan saat tes Valencia dan Jerez, terbukti tidak ada yang sama sekali part baru yang diuji pada motor Aprilia. Masih harus menunggu dan bersabar ya. BB1 

Hasil Tes MotoGP Jerez :

Facebook Comments

You May Also Like