Aprilia Tantang Ducati, Uji Efek Wingletnya di Terowongan Angin

BeritaBalap.com-Perseteruan antara Ducati dan Aprilia makin menjadi. Makin panas. Sebelumnya CEO Aprilia, Massimo Rivola yang menyebut General Manager Ducati, Gigi Dall”Igna arogan alias sombong dan merasa paling pintar. Nah kali ini adalah tantangan dari Romano Albesiano, Direktur Teknik Aprilia yang mengajak Ducati untuk menguji efek winglet mereka pada wind-tunnel atau terowongan angin.

Demikian untuk menjawab apakah sayap kecil dekat swingarm tersebut memberikan keuntungan downforce (gaya tekan) atau tidak ada. “Kami membahas perangkat serupa. Tetapi kami jelas diberitahu bahwa itu tidak boleh karena tujuan aerodinamis dan dilarang ketika kondisi trek kering. Jadi kami menghentikan riset pengembangan ini, “tukas Romano Albesiano.

“Pedoman baru yang diterbitkan di Qatar pada satu hari setelah tes, dengan jelas menyatakan bahwa bagian yang dipasang tidak boleh dirancang untuk menghasilkan gaya tekan, “tambah Albesiano.

koizumi

Lebih lanjut, terlepas dari konteks keputusan Pengadilan Banding FIM, Aprilia menantangDucati untuk menjajal efek winglet pada Ducati GP19 tersebut. Maksudnya dicoba di terowongan angin (wind-tunnel). Kan semua akan terlihat datanya. Ternyata pula, hasil pengujian Aprilia menjadi masukan buat 3 hakim pengadilan banding.

“Kami melakukan uji terowongan angin virtual yang disebut CFD, Computational Fluid Dynamics. Disini kami mensimulasikan perilaku motor saat di trek lurus dan dalam kondisi pengereman, yang memberi kami data tentang efek tanah, resistansi dan pendinginan. Data itu kemudian dikirimkan ke tiga hakim Pengadilan Tinggi Banding, “tambah Albesiano. BB1

Facebook Comments

You May Also Like