ARRC 2018 India : R25 Rafid Topan Podium Juara (AP250), Duet YRI Pertajam Best-Time

BeritaBalap.com-Pembalap tim satelit Yamaha Yamalube KYT TJM WR Super Battery, Rafid Topan Sucipto sukses meraih podium juara kategori Asia Production 250 (AP250) dalam seri ke-4 event Asia Road Racing Championship 2018 (ARRC 2018) di Madras, India (5 Agustus). Itu berlangsung di race ke-2.

Lagu Indonesia Raya berkumandang menghantar kemenangan pembalap asal DKI Jakarta ini.  Sehubungan pertarungan AP250 yang wajib melahap 12 lap berlangsung sangat ketat pada 3-4 lap menjelang finish. Rafid Topan yang memimpin jalannya race sempat digeser Anupab Sarmoon (Yamaha Thailand Racing Team), namun Topan dapat mengambil-alih kembali.

Pada lap akhir bertarung sangat ketat dengan AM Fadly (Kawasaki Racing Team). Namun Rafid Topan yang membesut pacuan Yamaha YZF-R25 yang dikawal tuner Robert Cong untuk urusan mapping pada akhirnya dapat konsisten menjaga racing line hingga sukses meraih podium juara AP250.

koizumi
Rafid Topan membuktikan ketangguhan R25 meraih podium juara AP 250 ARRC 2018 India

“Alhamdulillah, saya senang karena dapat memperoleh podium juara AP250 di India. Terima kasih kepada tim dan Yamaha Indonesia hingga saya berada di posisi pertama. Perjalanan race sangat ketat, lap-lap awal sempat bermanuver dengan Anupab juga pada race terakhir dengan Fadly. Namun saya tetap fokus untuk dapat keluar lebih cepat dari setiap tikungan apalagi di lap akhir. Seri ke-5 nanti saya sebagai pembalap tuan rumah, akan berjuang meraih hasil yang terbaik untuk Indonesia,” terang Rafid Topan yang sekarang ini ada di urutan ke-4 klasemen sementara.

Masih di kelas AP250, petarung Yamaha Racing Indonesia, Richard Taroreh finish ke-9 dengan best-time 1 menit 49,250 detik. Sedangkan M Faerozi tidak dapat menyelesaikan balapan karena mengalami insiden. Namun catatan waktunya lebih tajam, yaitu 1 menit 49,375 detik dari sebelumnya 1 menit 49,712 detik (race 1). Dan juga Anggi Setiawan hanya mampu finish di posisi ke-8.

“Mulai start di race ke-2, saya langsung masuk ke rombongan depan. Saya tetap fokus untuk mengikuti, pada lap ke-3 sempat di posisi 5. Namun memasuki lap ke-4, ada rider yang terjatuh sehingga sempat tertahan dan terpisah dari rombongan depan, saya turun ke posisi 7. Lap akhir, saya bisa mengejar satu pembalap, namun di tikungan ke-4 ban belakang sempat slide dan 2 rider masuk. Saya mencoba masuk lagi di tikungan ke-2 terakhir sayangnya kurang mengontrol untuk bisa masuk ke dalam dan akhirnya finish ke-9. Seri ini menjadi pengalaman dan modal penting bagi saya untuk terus memperbaiki pada race selanjutnya, ”ucap Richard Taroreh yang saat ini ada di posisi ke-13 klasemen sementara AP250 hingga putaran ARRC 2018 India.

“Moment start saya kurang baik, akhirnya saya bergabung di group ke-2. Saat lap-lap awal, saya mengalami high-side, sehingga melambat dan lap by lap ketinggalan dengan rombongan ke-2. Dan saya berusaha tetap fokus untuk memperbaiki posisi, sehingga bermanuver dengan pembalap lain dan pada lap 2 terakhir pembalap depan low speed hingga saya sempat out dan saat mau masuk line saya bersentuhan sehingga saya dan Hafiz crash dan tidak bisa melanjutkan perlombaan. Saya akui hasil race kali ini hasilnya tidak begitu menggembirakan. Saya dan tim akan berjuang di seri berikutnya, dimana seri nanti sebagai tuan rumah pastinya akan semakin semangat dan termotivasi,” tukas M Faerozi yang berada di deretan ke-15 klasemen sementara AP250.

Adapun seri ARRC 2018 Sentul akan dihelat pada 12-14 Oktober nanti. tim

Facebook Comments

You May Also Like