Awas Jupiter Z 125 Karbu (Mix) Tim Pulsa Balap WP43 Muffler Sanila Purbalingga, Ini Rahasianya

BeritaBalap.com-Kondisi ekonomi sekarang lagi sulit, maka jurus bikin kenceng motor murah-meriah jadi solusi tepat. Tetapi jangan yang murahan ya. Secara tehnikal, tidak ada yang istimewa dari motor yang berhasil podium ke-4 kelas Bebek s/d 125 cc 4 Tak Standar Mix Lokal Banyumas dalam Motoprix 2018 Purwokerto (28 Oktober), tapi secara ketelitian dan kegigihan Fai selaku mekanik masuk dalam hitungan penulis.

Oh ya ini pacuan masih dengan karbu ya. Kan memang ada kelas campuran (mix) dengan injeksi. Apa saja trik sederhananya ? Contohnya, kruk-as dicenter dan dibalance ulang, setang piston dengan diameter 55,25 diberi celah 0,5 mm dari daun kruk as. Menurut penjelasan Fai, trik ini bisa meminimalisir getaran, balancerpun dibuat ringan dengan berat 150 gram. Guna mengoptimalkan kerja piston pada ruang bakar, maka kompresi relatif tinggi yakni bertekanan 12,5.

Pada sisi lain, mekanik Blacky Concept Puki Racing Purbalingga menjelaskan. Untuk piston yang penting desain dome-nya mencerminkan kubah yang pas. Juga harus diberikan ruang dingin antara kubah dengan piston dimana bahan bakar bisa menyelimuti area tadi. Lanjut, agar aliran bahan bakar dan udara lebih deras, maka karbu TM Sudco 24 dijejali Klep Honda Sonic ori Japan dengan kombinasi ukuran katup in 26 dan ex 23 mm.

‘’Biar suhu dimesin tidak terlalu panas, pastinya butuh pendinginan ekstra. Untuk itu kita mengkombinasikan ukuran pilot jet 165 dan main jet 32,5, “terang mantan mekanik grasstrack berbendera Aditya Racing Team. Belum cukup sampai disitu, guna memaksimalkan performa motor, maka rasio pada gearbox diatur ulang.

Untuk rasio gigi 1 dengan perbandingan 13/36, lanjut percepatan 2 diplot pada perbandingan gigi  16/29, rasio ke-3nya 21/29 dan ditutup dengan rasio gigi 4 diset (23/26).

‘’Kemarin di Purwokerto, kita sesuaikan dengan gaya balap Esa FN yang menginginkan tenaga atas bawah kuat. Untuk itu kita menggunkan final gear 13-42, “tutur Fai sambil menyebut pengapian menggunkan CDI BRT Super Pro Commander yang katanya lebih enak di seting dan mekanik tinggal klik pilih curva yang cocok sama gaya balap rider.

Ok, jangan lupa ya, mereka rencananya akan hadir di kota Purwodadi akhir pekan ini dalam event MLD Autophoria City Road Race Jateng Series 2018. D 14 N

 

Facebook Comments

You May Also Like