ECU Standar Kini Bisa Diremap, Cocok Untuk Balap Kelas ECU Standar

BeritaBalap.com – Dulu, hanya ECU mobil yang bisa diremapping. Kini aksi mengubah program ECU standar motor sudah bisa dilakukan dengan mudah.

Nah, ECU standart bawaan motor bisa dimapping ulang lho. Bahkan fiturnya lebih komplit dari piggy back yang harganya tembus Rp 5 Jutaan.

“Fiturnya sudah sangat lengkap, mulai mapping bahan bakar,geser limiter RPM, mapping pengapian, suhu penyalaan kipas radiator hingga injection timing bisa diprogram ulang,“ buka Athanasius Ketut Hargunanto, owner sekaligus mekanik Bengkel Pro Tuner, Bali.

Untuk fuel Map atau mapping bahan bakar fiturnya jauh lebih komplit dari perkiraan. Sebagai contoh, fuel map-nya bisa berdasarkan prosentase bukaan gas vs RPM, voltase TPS vs RPM dan kevakuman Intake vs RPM, itupun per silinder bisa dibuat berbeda lho.

“Bahkan untuk standartnya pun mapping silinder 1 dan 2 sudah berbeda,“ jelas Ketut.

Selain supply bahan bakar, fitur menarik lain adalah mengubah timing pengapian. Bisa dinaikkan atau diturunkan sesuai kebutuhan per RPM. Dan mapping antara gigi netral dan lainnya pun bisa dibedakan.

Nah, selain pengapian dan bahan bakar, limiter RPM pun bisa diprogram sesuai kebutuhan, misal di Ninja 250. Dan suhu kipas radiator mulai menyala pun bisa kita program, misalnya kipas radiator asli Ninja 250 FI yang standartnya menyala di suhu 100–105 derajat bisa dirubah ke 95 atau 100 derajat celcius. Menarik kan.

Bagi yang sudah ganti camshaft. Asiknya lagi injektor timingnya pun bisa dirubah mengikuti derajat bukaan camshaft yang baru. ”Jadi ECU asli itu sebenarnya sudah benar-benar stand alone. Cuma memang butuh software khusus,“ terang Ketut.

BACA (JUGA) : Ini Dia Fungsi Velocity Stack Di Moncong Throttle Body By Gendut GDT Racing

Fitur menarik lainnya, sensor O2 bisa di-non aktifkan sehingga ECU memiliki system open loop. Oksigen sensor sudah tidak diperlukan lagi.

Namun untuk saat ini ECU yang bisa diremapping terbatas beberapa brand, untuk Brand Kawasaki, milik Ninja 250 FI 2013–2015, Ninja 300, ER6N,Versys 650, Ninja650 sudah bisa diprogram ulang.

BACA (JUGA) : Begini Rahasia Mendesain Velocity Stack Yang Benar

Sedangkan milik Yamaha, saat ini baru milik YZF R25. Dan untuk Honda milik CBR1000 bisa diprogram ulang. Untuk Ninja 250FI 2016 dan 2017 dan New Ninja sedang dalam proses, dan beberapa brand juga sedang dalam tahap dibuka.

Untuk masalah biaya tergantung dari motornya. Lebih jelasnya bisa kontek bengkelnya saja deh. WIC

Bengkel : Pro Tuner
Jl. By Pass Ngurah Rai No. 16(pertokoan Citra Bali Ruko No. 5), Tuban Kelan, Badung
Telp : 081338379008 (Ketut)

Facebook Comments

You May Also Like