Cek Data, Lompatan Kualitas Ducati GP24 Jauh Lebih Spesial Dibanding Fakta 2022-2023

BeritaBalap.com-Baca secara perlahan ya, biar tidak salah paham. Jadi mengacu data valid statistik, maka lompatan kualitas perfoma Ducati terbaru GP24 (versi tahun 2024) begitu spesial.

Apa dong yang menjadi patokannya ? Dalam konteks ini, ketika dibandingkan dengan saat digunakannya GP23 pertama kali di tahun 2023. Sampai disini pahami dulu ya !

Sekilas informasi saja, dalam tradisi Ducati, kondisi perbandingan kualitas perkembangan motor akan semakin gampang untuk dinilai karena memang dalam sebuah musim kompetisi, maka digunakan 2 motor. Ada yang versi terbaru dan ada yang bersi 1 tahun sebelumnya.

koizumi

Misal tahun ini ada yang baru GP24 dan GP23 (versi sebelumnya). Termasuk musim balap 2023 lalu, ada GP23 dan GP22. Alhasil, lompatan kualitas yang terjadi saat MotoGP 2024 bisa dibandingkan dengan lompatan kualitas di MotoGP 2023.

BACA (JUGA) : Bos Dorna Akan Nasehatin VR46 Untuk Tidak Terus Memojokkan Marquez Soal Kasus 2015 ?

Yuk kita bahas ! Jadi saat tahun 2023 lalu, diantara ke-4 pembalap Ducati yang berlaga di kejuaraan MotoGP dengan pacuan Ducati ‘lama’ (GP22), terbukti mereka dapat mencetak total 4 kemenangan alias podium juara (Bezzecchi 3 kali dan satunya lagi Fabio Di Giannantonio). Total keseluruhan merebut 13 podium, kemudian 3 kali posisi pole-position (Marini 2 kali dan satunya Alex Marquez).

BACA (JUGA) : Vinales Curhat Tidak Habis Pikir Ducati Selalu Jos, Dia Bisa Bersaing di FP Tapi Saat Race Tertinggal

Secara umum, ke-4 kemenangan ini menyumbang 23,6 persen dari total 17 kemenangan bagi pabrikan Ducati.  Jumlah tersebut meningkat menjadi 30,2 persen ketika bicara keseluruhan podium (13 dari total 43 podium Ducati). Patut dipahami, bahwa, ke-4 pembalap mampu naik podium pada hari Minggu, dan semuanya memulai setidaknya satu kali dari baris terdepan.

BACA (JUGA) : Mantan Kepala Mekanik Marquez Sebut MM93 Lebih Agresif Saat di Honda Ketimbang Ducati

Pada  sisi lain, persentase tersebut turun pada kompetisi MotoGP 2024 saat mencermati mereka yang saat ini mengendarai versi lama (GP23). Dan dari mereka, hanya Marc Marquez saja yang berhasil dengan motor spesifikasi tahun lalu, yaitu hanya menang 2 kali (Aragon dan Misano).

Jadi selalu di tangan Marc Marquez  ya dan itu menghasilkan 13,3 persen dari total kemenangan Ducati (15) sementara ini. Mengenai jumlah podium, dari total 48 yang sudah direbut, sejauh ini hanya 10 kali (20,8 persen) yang direnggut oleh GP23, dimana 8 diantaranya diraih Marc Marquez. BB1

Facebook Comments

You May Also Like