Enam Tahun Sudah Masalah Dana Sirkuit Wales, Macet ! Semua Karena Pemerintah ?

Problem serius pendanaan Sirkuit Wales ternyata sudah berlangsung 6 tahun. Sudah sejak 2011 dan sampai sekarang juga terus bergulir untuk mencari solusi terbaik antara pemerintah dan swasta. Padahal kontrak trek Donington Park Inggris berakhir 2015 dan seharusnya Sirkuit Wales sebagai penggantinya.

Tapi karena belum juga beres, akhirnya ditunda dahulu dan dialihkan ke Silverstone. Bagaimana kabar terbarunya ? Apa saja keputusan selama ini ? Mulai 9 Februari 2016 bahwa pihak Aviva Finance mengamankan penundaan hingga MotoGP 2018. Jadi 2017 ini pastinya masih setia milik Silverstone.

Lanjut 7 April 2016 ternyata Pemerintah Wales menolak rencana pendanaan 357 juta pounds atau sekitar Rp. 6 Trilyun hingga kemudian pemimpin proyek mereveisinya dengan meminta setengahnya saja pinjaman dari pemerintah (Dewan Lokal Gwent dan Monmouthshire). Itu sekitar 90 juta pounds atau Rp. 1,5 Trilyun.

koizumi

Inipun terus bergulir karena hadir berbagai kesepakatan baru, audit dan sebagainya. Baru kemudian pada 5 Januari 2017 ini, pihak Sirkuit Wales mendapat dan menandatangani kemitraan baru dengan Extreme yang merupakan perusahaan olahraga.  Lagi-lagi tanggal 8 Februari 2017 ada revisi pendanaan dari pemerintah. Namun ada tambahan sekitar 100 juta pounds dari perusahaan perbankan swasta dan diserahkan kepada Majelis Wales.

Informasi paling terbaru dan membuat pusing ketika kemudian mendapat penolakan dan pemerintah Wales menarik diri dan rencananya akan dibangun kawasan taman bisnis otomotif. Sangat disayangkan ! Untuk hal ini sedang dilakukan langkah klarifikasi pihak Sirkuit Wales. BB1

Facebook Comments

You May Also Like