Honda Sulit Dilawan Race 1 SS600 ARRC Thailand Karena Tehnologi Moto2 Auto Blipper, Apa Itu ?

BeritaBalap.com-Pasukan Honda yang bersaing di kelas Supersports 600 (SS600) tampak dominan dari sejak sesi latihan bebas, kualifikasi hingga race 1 SS600. Andi Farid Izdihar (Astra Honda Racing Team) sukses meraih podium juara. Itu dalam perjalanan seri perdana Asia Road Racing Championship 2022 yang dihelat di Sirkuit Buriram Thailand, Sabtu  (19 Maret).

CBR600RR tampak lebih unggul dan mendominasi dari YZF-R6 yang dilevel balap dunia (WorldSSP) justru sangat dominan. Jadi berbeda signifikan dengan musim-musim sebelumnya. Maksudnya, yang terakhir balap SS600 dalam ARRC tahun 2020, itupun dipentaskan seri 1 saja karena pendemi Covid-19. Tapi saat 2019 dan sebelumnya lagi selalu full series.

Ada apa ini ? Ternyata berhubungan dengan tehnologi auto blipper yang dipakai pada pacuan berbasic CBR600RR. Apa itu auto blipper ? Jadi perangkat yang bekerja untuk menurunkan gigi tanpa menekan tuas kopling. Berbeda dengan quick shifter ya yang bertugas memindahkan gigi ke percepatan yang lebih tinggi.

koizumi

Auto blipper ini yang identik dengan motor-motor Moto2 ataupun kudabesi yang relatif mahal. Pastinya menghemat waktu lebih cepat. Bisa dibayangkan jika dilakukan dalam kisaran 12 tikungan trek Buriram.

Itu untuk 1 lap, bagaimana jika lebih banyak lagi lapnya. Dijamin sangat spesial. Kalau setiap lap lebih hemat 0,1 detik sampai 0,2 detik, tinggal dikalikan saja jumlah menu lap dalam racenya.

Sayangnya memang tim Yamaha Racing Indonesia (YRI) yang mengandalkan Galang Hendra Pratama belum menggunakan tehnologi ini di putaran awal Buriram, sedangkan Yamaha Thailand Racing Team diklaim sudah memakainya. Semoga ada perlawanan lebih sengit kedepannya. BB1

Hasil Race 1 SS600 Thailand :

 

 

 

 

Facebook Comments

You May Also Like