Ini Rahasia Underbone 125Z ‘Botuna Racing Team’, Podium Road Race Purbalingga !

BeritaBalap.com-Kudabesi Yamaha 125Z ini merupakan pemenang ke-3 kelas Underbone 2 Tak 125 cc dalam hajatan Purbalingga Open Road Race Championship 2018 di Sirkuit Alun-Alun Kota Purbalingga, Minggu kemarin (21 Januari). Ridernya Delly Permana asal Tegal yang mengusung tim Botuna Racing Pekalongan.

Botuna Racing Team Pekalongan

Oh ya Botuna itu merupakan kepanjangan dari Bocah Tua Nakal. Kalau begitu nakal berarti ya… ! He he he he. Komandan tim ialah Maman yang mempercayakan korekannya pada tuner Yong Mustofa, punggawa bengkel Yong’s (Jakarta). Ini rekanan Botuna Racing Team saat konsen di balap karapan alias dragbike.

Basic mesin Yamaha 125Z

“Basic powernya yang jadi pertimbangan pilihan. Spek Standar saja udah 125 cc, mesinnya juga sudah tegak. Putaran mesin lebih ringan,”sebut Yong yang memainkan porting exhaust dengan tinggi 25,5 mm. Ini diukur dari bibir silinder, sedang lebarnya 42. “Bentuk lubang buang seperti kipas. Intinya upgrade RPM tengah hingga atas, “ucap Yong yang mematok tinggi transfer 41 mm dan perbandingan kompresi 9 : 1.

Sokbreker Ohlins buat kenyamanan

“Karakter power optimal pada RPM tinggi di kisaran 12.000, ”lanjut Yong yang mengandalkan knalpot AHM dan karbu PWK dengan kombinasi main jet 150 dan pilot jet 58. Sampai saat ini sudah terbukti meraih empat tropi podium satu. Oh ya, final gear bermain di angka 13-45. Biasanya naik-turun 1 hingga 2 mata tergantung model sirkuit. Kalau rasio 1 pakai 15-31, lanjut 2 (21-31), kemudian 20-25 untuk rasio 3, 22-24 (4), 23-23 (5) dan 27-25 (6).

Didukung Mychron 4

Tak hanya tenaga yang kuat, kaki-kaki juga mantap dengan sok belakang Ohlins. Stabil menjaga power liar motor. Kuat menahan hempasan ombak. Maksudnya goyangan motor saat masuk dan keluar tikungan. Bahkan, handling joki pun terpantau dengan Mychron 4. Jadi gak dapat bohong ya dan pastinya bisa terus dievaluasi. Wuih… keren euy ! Tayo

Facebook Comments

You May Also Like