Investigasi Biaya Balap Tim Pabrikan Per-Seri OnePrix/Motoprix 2019, Tembus…

BeritaBalap.com-Sebelum membahas berita ini, kita sepakat dahulu dalam persepsi bahwa informasi yang didalamin adalah biaya balap untuk setiap seri OnePrix ataupun Motoprix 2019. Jadi bukan urusan pembuatan dan riset motor ya, juga bukan soal kontrak pembalap. So, sengaja dipersempit cakupannya.

Nanti untuk topik biaya bangun motor ataupun kontrak, kita bahas dalam kesempatan lain. Oh ya, sengaja penulis tidak sebut dengan jelas narasumbernya atas permintaan yang bersangkutan. Tapi ini bukan mengacu cerita horor yang ramai di Medsos yaitu “KKN di Desa Penari” yang sengaja dikaburkan, padahal seharusnya transparan saja karena ceritanya sudah masa lalu (2009). He he he he…

Kalau soal biaya tim balap ini, boleh jadi agar tidak terkesan arogan atau sebagai upaya saling menghormati dengan yang lain.  Bicara biaya balap, maka hal yang paling boros ialah akomodasi. Ini menyangkut hotel dan transport serta makan. “Kita untuk satu event di OnePrix ataupun MotoPrix, biaya hotelnya bisa 25 juta sendiri. Kalikan saja 10 kamar dikali Rp. 500 ribu dan dikalikan 5 hari (sejak latihan bebas), “ujar Otong yang notabene adalah nama samaran dan merupakan manajer tim pabrikan.


“Hotel memang mahal, Mas. Karena dihitung sejak latihan bebas. Masak kita tidak ikut latihan bebas. Bisa gawat kalau tidak ikut set-up motor. Hanya memang untuk menekannya, bisa dengan sewa rumah. Misal seperti saat di Bukit Peusar Tasikmalaya. Namun tetap saja relatif tinggi jika digabung dengan transport PP beberapa kru yang sengaja naik Kereta Api atau pesawat, “tukas Asep yang notabene adalah salah satu mekanik papan atas di sebuah tim pabrikan.

Catatan penulis, bahkan saat OnePrix 2019 sentul, relatif banyak mekanik ataupun kru yang menggunakan transport Pesawat (PP) “Jangan lupa, Mas. Ban itu sangat tinggi pengeluarannya. Misal 1 rider dengan 12 ban, maka tinggal kalikan saja. Karena sponsor yang kita terima saat ini tidak ada pemberian bannya. Misal satu ban harga Rp. 400 ribuan, maka jika untuk 3-4 pembalap, bisa senilai 15-20 Juta. Bahkan bisa lebih, “tambah Asep.

Lebih lanjut, berapa sebetulnya kisaran biaya balap untuk setiap putaran OnePrix ataupun Motoprix ? Maksudnya kisarannya saja. “Kalau di tim saya, sekitar 80-100 juta jika termasuk fee kru. Ini belum termasuk jika mesin jebol, Mas, “tukas Otong. “Kalau tim saya, antara 40-60 Juta, Mas. Tinggal pintar-pintar kita saja menekan biaya, “timpal Asep. Anyway, balap itu memang mahal, tapi ini hobi yang memberi kepuasan tersendiri. BB1

Facebook Comments

You May Also Like