Johann Zarco Protes Randy Mamola Jadi Bagian Legenda MotoGP, Ini Sebabnya…

BeritaBalap.com-Pebalap tim Tech3 Yamaha, Johann Zarco yang memang sedang bersinar memprotes keputusan atas Randy Mamola yang diplot menjadi bagian dalam legenda MotoGP dunia (Hall of Fame).

Alasan utama Zarco ialah sehubungan fakta alias data Randy Mamola yang belum pernah sekalipun merebut juara dunia MotoGP atau GP500. Bahkan diantara legenda lainnya, memang pebalap asal USA ini  yang tidak pernah meraih prestasi terbaik tersebut.

“Saya mengenalnya dengan sangat baik, namun saya belum melihatnya sementara ini. Tidak adil jika dia bisa menjadi legenda karena dia tidak pernah memenangkan gelar juara dunia. Ini akan menjadi evaluasi pencapaian legenda lainnya. Memang dia layak mendapatkan karena dia telah menciptakan momen yang tidak terlupakan tetapi pada saat yang sama dia juga memastikan adanya devaluasi gelar para pembalap lainnya, “protes Johann Zarco yang isu kuatnya akan bergabung dengan tim pabrikan KTM (2019-2020).

koizumi
Randy Mamola (kanan) dan Carmelo Ezpeleta (kiri)

Namun konteks ini mendapat tanggapan dari Bos Dorna selaku penyelenggara MotoGP. Disebut bahwa seluruh hidupnya Randy Mamola banyak diberikan untuk kemajuan MotoGP. Maklum saja, saat ini Randy Mamola terlibat dalam penyiar televisi untuk balap MotoGP, juga kegiatan amal Riders for Health Initiative.

“Seluruh karir dan waktunya bersama kami hingga membuatnya menjadi legenda, “ujar Carmelo Ezpeleta menyebut bahwa Randy Mamola yang saat ini berusia 58 tahun telah bersama MotoGP hingga 39 tahun. Aktif di balap sejak 1979 hingga 1992.

Sekilas informasi saja, Randy Mamola cukup memenangkan podium juara MotoGP sebanyak 13 kali dan 57 kali podium kemenangan serta lima kali posisi pole-position. Namun memang Randy Mamola pernah meraih runner-up GP500 di tahun 1980, 1981, 1984 dan 1987.

Lebih lanjut, dalam wawancara dengan koleganya, Axel Binneboese dari twowheelracingnews.com, Mamola menanggapi kritik ini. Dia menyatakan bahwa dia dapat memahami sudut pandang Zarco dan bahwa setiap orang memiliki hak atas pendapatnya sendiri. Dan dia menekankan bahwa dia memiliki hubungan persahabatan dengan Zarco dan selalu berhubungan dengannya sepanjang waktu melalui WhatsApp. Jawaban yang bijaksana. BB1  

Facebook Comments

You May Also Like