KTM, Aprilia Dan Suzuki Dapat Hak Isimewa MotoGP 2018, Apa Saja ?

BeritaBalap.com-Tim pabrikan KTM, Aprilia dan Suzuki dipastikan akan mendapat hak istimewa dalam MotoGP 2018 nanti. Identik disebut konsesi yang punya perlakuan lebih spesial dibanding tim-tim lainnya. Apa saja istimewanya ?

Dalam hal ini menyangkut penggunaan 9 mesin atau bukan 7 mesin seperti tim lainnya. Itu hitungan dalam satu musim kompetisi (1 tahun), juga soal tidak ada batasan dalam tes alias pengujian dan tidak harus membekukan pengembangan mesin dari awal musim. Maksudnya bebas-bebas saja.

Termasuk adanya fasilitas 6 kali wild-card. So, tidak jatah 3 kali untuk tim lainnya yang tidak mendapat konsesi. Demikian dikarenakan ketiga tim tersebut tidak memperoleh podium di MotoGP 2017 ini. Tentu saja, semua ini mengacu pada konsep pemikiran agar pasukan-pasukan terebut dapat lebih optimal untuk mngembangkan riset motornya.


Oh ya, konsesi sendiri diperkenalkan pada tahun 2013. Ini sebagai hasil keputusan komisi grand prix dan asosiasi pabrikan. Ducati bahkan diuntungkan karena sejak tahun 2013 hingga 2015 tidak pernah podium dan pada akhirnya memiliki pacuan yang kompetitif. BB1

Facebook Comments

You May Also Like