MotoGP 2018 Argentina (FP2) : Trek Hujan, Marquez Tercepat, Kenapa Dovizioso Juru Kunci ?

BeritaBalap.com-Marc Marquez (Repsol Honda) menjadi yang tercepat dalam sesi latihan bebas ke-2 (FP2) MotoGP 2018 Argentina yang notabene berlangsung dalam waktu 45 menit. Juara dunia MotoGP 2017 ini mengukir waktu 1 menit 39,395 detik.

Dalam konteks ini lebih baik 0,5 detik dari best-time rekan se-timnya, Dani Pedrosa di FP1 (1 menit 40,285 detik). Posisi ke-2nya direbut Cal Crutchlow yang tertinggal 0,404 detik. Marquez sendiri ada di deretan ke-6 saat FP1. Cukup mengejutkan, yaitu Tito Rabat yang ada di deretan ke-3 dengan gap 0,951 detik.

FP2 memang berlangsung dalam kondisi lintasan aspal yang basah. Sempat kering di awal sesi sekitar 10 menit, namun kemudian hujan mengguyur trek Termas De Ri Hondo. Banyak pengemudi yang menyelesaikan FP2 lebih cepat, yaitu 25 menit sebelum waktu habis. Hanya tersisa Johann Zarco, Jorge Lorenzo, Franco Morbidelli dan Tom Luthi yang berada di trek.

Justru yang diluar perkiraan ialah duet tim Ducati, Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo yang ada di posisi ke-24 dan ke-17. Dovizioso yang merupakan juara saat seri MotoGP 2018 Qatar (25 Maret) tertinggal cukup jauh hingga 3,578 detik. Ini posisi juru kunci. Sungguh diluar dugaan. Infonya, kinerja ban depan tidak berlangsung optimal.

“Saya pikir kondisi terutama angin telah memperparah kelemahan dari motor baru. Roda depan tidak memiliki banyak kontak dengan aspal seperti dengan mesin lama. Dalam tikungan cepat sebelum lintasan lurus, saya kehilangan waktu 0,5 detik karena saya tidak bisa sepenuhnya membuka gas. Saya tidak merasa cukup aman untuk itu. Ada kondisi aneh, “terang Jorge Lorenzo. BB1

Facebook Comments

You May Also Like