MotoGP 2018 Brno (Kualifikasi) : Dovi Tercepat Dengan Fairing Baru, Lanjut Rossi & Marquez

BeritaBalap.com-Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi Motogp 2018 di Sirkuit Brno, Ceko, Sabtu (4 Agustus). Termasuk mengukir top speed atau kecepatan puncak terbaik dengan torehan 314,7 km/jam.

Ternyata salah satu penyebabnya ialah penggunaan aero fairing baru GP18 yang memang pada awalnya sudah dipakai rider Pramac Ducati, Danilo Petrucci.

Dovizioso yang aplikasi fairing terbaru GP18

Runner-up MotoGP 2017 tersebut mengukir best-time 1 menit 54,689 detik dan ini berjarak 0,267 dari Valentino Rossi yang ada di posisi ke-2. Untuk grid ke-3nya milik Marc Marquez yang pada awal sesi kualifikasi 2 (Q2) sempat beradadi posisi terdepan sebelum berubah pada lap akhir (7).

koizumi

Sebelumnya, Danilo Petrucci menyebut bahwa fairing baru GP18 tersebut tidak mengurangi top speed. Tentu saja, keputusan diambil  Ducati berdasarkan perbandingan dengan fairing model sebelumnya hingga dilakukan langkah dievaluasi dan pengambilan keputusan.

“Titik terbesar adalah bahwa fairing baru tidak memiliki poin negatif. Jadi maksud saya, tidak ada perbedaan antara siang dan malam. Kami tidak kehilangan 10 km/jam, saya tidak tahu apakah kami kehilangan, mungkin 1-2-3 km/jam, tapi saya tidak yakin. Poin positifnya adalah penanganannya lebih baik, tidak terlalu berat untuk mengubah arah, “tutur Petrucci setelah latihan bebas 2 (FP2).

Pada bagian lain, fairing anyar yang diklaim memiliki efek lebih stabil saat keluar tikungan ini juga dipakai pula oleh Jorge Lorenzo. Lebih lanjut, hasil kurang menguntungkan diraih duet Aprilia. Scott Redding terjatuh dan Aleix Espargaro mengalami kendali mekanis hingga mereka berada pada starting grid ke-24 dan ke-25. Berikut ini hasil lengkap kualifikasi 1 (Q1) dan lanjut kualifikasi 2 (Q2). BB1

Facebook Comments

You May Also Like