MotoGP Jerman (FP3) : Marquez Tercepat, Tapi Top Speednya Yamaha Bukan Ducati

Juara dunia MotoGP 2016, Marc Marquez mencatat waktu tercepat dalam sesi latihan bebas 3 (FP3) MotoGP Sachsenring, Jerman, Sabtu (1 Juni). Pebalap Repsol Honda ini mengukir best-time 1 menit 20,745 detik. Berjarak 0,170 detik dengan Maverick Vinales (Movistar Yamaha) yang ada di posisi ke-2.

Urutan ke-3 dipegang rookie atau pendatang baru Jonas Folger (Monster Tech 3 Yamaha) yang memiliki gap 0,4 detik dari Marc Marquez. Adapun kondisi lintasan pada FP3, sama seperti FP1 yang kering. Beda dengan FP2 yang basah. Tidak kalah menarik dicermati bahwa berdasarkan data, maka Yamaha YZR-M1 yang mencatat top speed di angka 295,1 km/jam.

Justru Honda RC213V Marc Marquez cukup menorehkan 290,6 km/jam. Alhasilm bukan Ducati yang biasanya langganan mencapai kecepatan puncak yang paling tinggi. Ducati GP16 Hector Barbera (Avintia Racing) yang terkencang dari semua pembesut Ducati, yaitu dengan catatan 294,2 km/jam. Barbera sendiri ada di urutan ke-13 saja.


Memang trek lurus dari Sirkuit Sachsenring hanya 700 meter saja. Relatif pendek diantara sirkuit-sirkuit lainnya. Justru lebih banyak tikungan pada lintasan sepanjang 3,7 km tersebut, utamanya ke kiri (10) hingga sampai diantisipasi pihak Michelin dengan penyediaan ban khusus untuk depan dan belakang, masing-masing dengan 4 opsi. BB1

 

Facebook Comments

You May Also Like