Profil Toprak Razgatlioglu (25 Tahun), Persembahkan Jawara Dunia Superbike Buat Almarhum Ayahnya

BeritaBalap.com-Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha) berhasil mematahkan dominasi Jonathan Rea dalam 6 tahun belakangan (2015-2020). Yap, rider asal Turki usia 25 tahun ini (lahir 16 Oktober 1996) sukses meraih juara dunia superbike musim ini (WorldSBK 2021).

Predikat terbaik tersebut dipastikan pasca race 1 WorldSBK Mandalika, Lombok, NTB, Minggu (21 Nov). Toprak mengucapkan terimakasih terbesar kepada keluarganya, Kenan Sofuoglu yang selama ini menjadi mentornya dan pastinya kepada tim.

Yang spesial, gelar jawara dunia WorldSBK 2021 ini dipersembahkan untuk almarhum ayahnya yang meninggal dunia tahun 2017 (17 Nov) karena mengalami kecelakaan di Antalya Turki. Jadi memang tidak jauh berbeda antara tanggal kepergian ayahnya dan prestasi yang diraih Toprak Razgatlioglu.

koizumi

“Saya berterima kasih kepada keluarga saya dan Kenan Sofuoglu pertama-tama. Kami adalah keluarga besar. Terima kasih kepada tim saya yang telah melakukan pekerjaan hebat selama setahun, kami telah berhasil sejauh ini, “ucap Toprak Razfatlioglu yang kontrak di tim Pata Yamaha hingga akhir musim 2022.

“Ini hari yang spesial bagi saya, juara dunia ini untuk ayah saya. Ini selalu menjadi impian saya. Dia pergi, tapi aku merasa dia menatapku. Sungguh luar biasa menjadi juara, terima kasih untuk semuanya. Saya lelah dan saya tidak tahu harus berkata apa lagi, “tambah Toprak Razgatlioglu yang dikutip dari WorldSBK.

Bicara karis balap internasional Toprak Razgatlioglu adalah dimulai dari mengikuti Red Bull KTM MotoGP Rookies Cup 2013 dan 2014. Jadi saat berusia 17 tahun. Masing-masing pada tahun tersebut ada di posisi ke-10 dan ke-6 dalam klasemen akhir.

Kemudian Toprak Razgatlioglu menang pertama kalinya dalam balap Superstock Eropa dalam seri Magny Cours Perancis (5 Oktober 2014). Saat itu naik Kawasaki ZX-6R.  Kemudian menjadi juara Superstock Eropa tahun 2015.

Lalu masuk ke balap superbike tahun 2018 bersama tim Peccetti Kawasaki. Pernah juga ikut balap ketahanan Suzuka 8 Hours tahun 2019 bersama Jonathan Rea dan Leon Haslam. Selanjutnya tahun 2020 pindah ke Yamaha. BB1

Perjalanan Karir Balap Toprak Razgatlioglu :

 

Facebook Comments

You May Also Like