Quartararo Tegaskan Trek Austin Seperti Motocross, Bukan Buat MotoGP

BeritaBalap.com-Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) memang berada di posisi ke-3 dalam hasil kombinasi FP1 dan FP2 MotoGP Austin USA, Jumat (1 Oktober). Berbeda sekira 0,2 detik dari Marc Marquez (Repsol Honda).

BACA (JUGA) : Jumlah Lap MotoGP Austin Dikurangi Karena Banyak Trek Rusak ? Ini Keluhan Marquez, Quartararo Dan VR46

Namun ada yang dikeluhkannya serius, bahkan juga oleh banyak pembalap MotoGP. Ini soal kondisi lintasan Austin yang memiliki panjang 5,5 km dan 20 tikungan serta trek lurus menggoda hingga 1,2 km.


Quartararo menyebut bahwa Sirkuit Austin tidak cocok untuk balap MotoGP. Sangat berbahaya dengan banyak area bergelombang ataupun gundukan. Bahkan ditegaskannya seperti dalam trek saat ia balap motokros.

BACA (JUGA) : Top Speed Austin 346,1 Km/Jam, Dicetak Sama Zarco Dan Miller, Tumben M1 Ke-6

Infonya memang problem ini disampaikan pembalap kepada komisi keselamatan FIM dan Dorna Sports. Mereka ingin ada policy yang mengindari resiko crash alias terjatuh. Misal wacana pengurangan jumlah lap. Yang komplain tidak hanya Quartararo, juga Marquez, Jack Miller, Pol Espargaro, Valentino Rossi, Iker Lecuona dan lain-lain.

“Kurang lebih jenis sirkuit dimana saya terbiasa berlatih motorcross, tapi kami melaju lebih cepat dengan MotoGP, jadi ini sangat buruk ! Tidak bisa dibayangkan… kami mengatakan 3 tahun lalu bahwa trek perlu diaspal ulang dan itu tidak berhasil. Saya tidak tahu harus berkata apa, tapi itu lelucon !, “tegas Fabio Quartararo yang memimpin klasemen sementara MotoGP dan berjarak 48 poin dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo).

“Menurut saya trek Austin bukan trek MotoGP. Untuk satu putaran, tidak apa-apa tetapi 20 putaran, menurut saya kamu akan melihat bahwa akan ada… saat-saat yang buruk”.

“Mereka mengatakan motornya hanya bergetar hebat di tikungan 10, tetapi gundukannya berada di tempat yang paling buruk. Karena jika ada gundukan di tikungan 1, 11, atau 12, tidak apa-apa, itu belokan lambat, tetapi belokan 2, 3, dan 10 adalah belokan terburuk yang memiliki gundukan. Kita lihat !, “tambah Fabio Quartararo yang masih berusia 22 tahun. BB1

Hasil Kombinasi FP1-FP2 :

Facebook Comments

You May Also Like