Rossi Kritik Tikungan 11 Sirkuit Sachcenring Jerman, Berbahaya !


BeritaBalap.com-Juara dunia sembilan kali, Valentino Rossi memberikan kritiknya sehubungan berbahayanya tikungan ke-11 dari Sirkuit Sachsenring, Jerman. Demikian diungkapkannya dalam rangkaian tes MotoGP 2018 di Sirkuit Sepang, Malaysia. Sekilas info saja, MotoGP 2017 lalu paling tidak ada 3 petarung MotoGP yang jatuh di tikungan ke-11, yaitu Johann Zarco, Alvaro Bautista dan Scott Redding.

“Dulu, kita sering membicarakan tentang tikungan ke-11 di Komisi Keselamatan. Namun sejauh ini kami belum menemukan solusi yang tepat, “terang Rossi. “Saya tidak tahu bagaimana menjinakkan tikungan ini, anda harus melakukan pekerjaan anda dengan baik, saya merasa ada hal-hal yang tidak akan berubah disana pada 2018 ini. Mungkin kita harus datang dan berdamai dengan tidak adanya perubahan tikungan ke-11 tahun ini, “tambah Rossi.

Tikungan ke-11 trek Sachsenring Jerman diklaim berbahaya

Tentu saja, apa yang diungkapkan Rossi bukan sembarangan. Rossi sudah puluhan tahun balap MotoGP. Pelaksana Keselamatan FIM, Franco Uncini sedang berupaya memperjuangkan perbaikan hal tersebut. Ada usulan akan diperlebar pada sisi luar antara 20-30 cm atau bahkan hingga 1 meter sehingga roda depan lebih aman.


“Saran kami bahwa kita meningkatkan kurve tikungan tersebut pada bagian luar. Kita memperlebar aspal untuk menciptakan keamanan bagi pebalap. Mungkin sekitar 20-30 cm atau hingga 1 meter. Kita harus menghitungnya secara detail, “beber Franco Uncini yang juga mantan juara dunia GP500.

Namun memang belum mendapat respon serius dari pihak pengelola. Dalam hal ini, Sachsenring Rennstrecken Management GnbH (SRM). “Tahun lalu hanya ada 5 kejadian. Tiga pada hari Jumat, dua lagi pada Sabtu pagi. Waktu sekarang juga tergolong singkat, juga yang kedua bahwa kami tidak memiliki dana yang tersedia, “tukas Nadin Pohlers selaku Managing Director SRM. BB1

Facebook Comments

You May Also Like