Tips Merawat Rantai Motor Honda Kesayangan

BeritaBalap.com- Yuk pahami tips merawat rantai motor Honda kesayangan anda. Seperti kita ketahui jika rantai motor merupakan salah satu bagian penting pada motor yang berfungsi sebagai penggerak dan penyelaras putaran ban motor.

Seiring waktu dan penggunaannya, kondisi rantai motor tentu saja akan menurun. Belum lagi jika motor sering dipakai sehari-hari, performa rantai motor akan menurun secara signifikan. Rantai yang tidak terawat biasanya akan cepat kering dan kendur, sehingga motor menimbulkan suara yang berisik dan tarikan motor terasa kurang.

Skenario terburuknya, rantai yang tidak terawat bisa saja putus tiba-tiba saat digunakan yang sangat membahayakan keselamatan. Agar performa selalu optimal dan umur rantai motor lebih awet, maka pengendara motor Honda wajib melakukan perawatan terhadap rantai motor yang dimiliki.

koizumi

Nah, berikut adalah tips merawat rantai motor Honda kesayangan :

Rutin Cek Kondisi Rantai
Baik sebelum maupun sesudah berkendara, biasakan untuk mengecek kondisi rantai motor. Pastikan agar rantai tidak kendur dan perhatikan posisi rantai agar selalu disetel di tengah demi kenyamanan berkendara yang maksimal. Apabila kalian tidak bisa menyetel rantai sendiri, sebaiknya bawa motorke bengkel resmi Honda terdekat.

Rajin Membersihkan Rantai
Sebagai salah satu komponen motor yang mudah kotor, rantai harus dibersihkan paling tidak sebulan sekali. Kerap kali rantai terkena debu, pasir, air hujan dan partikel kotoran lainnya yang dapat menimbulkan karat dan masalah rantai lainnya jika dibiarkan. Gunakan air dan juga sabun untuk merontokan berbagai kotoran yang menempel pada rantai. Setelah dibersihkan, sebaiknya lumasi kembali rantai motor agar tetap awet.

Gunakan Gear Original dan Berkualitas
Seperti peribahasa “Ada harga, ada barang,” rantai motor KW yang lebih terjangkau juga belum tentu dapat memberikan kualitas yang sama dengan rantai motor original. Dengan standar yang resmi, rantai motor original bisa dipastikan memiliki performa yang lebih baik dan lebih tahan lama. Maka, tidak ada salahnya jika kalian merogoh kocek sedikit lebih dalam untuk mendapatkan rantai motor original demi roda dua kesayangan.

Gunakan Pelumas Khusus Untuk Rantai
Salah satu cara merawat yang mudah dan terbukti efektif serta efisien adalah menggunakan pelumas khusus atau yang biasa disebut sebagai chain lube. Hanya dengan menyemprotkan cairan pelumas, BroSis sudah bisa menjaga performa motor kesayangan. Pastikan untuk menggunakan cairan pelumas AHM Chain Lube yang bisa didapatkan di bengkel resmi Honda terdekat. Tim

Facebook Comments

You May Also Like