ZX-10RR Terbaru (2020) Berbasic Mesin V4 ? Ini Jawaban Bos Balap Kawasaki

BeritaBalap.com-Perfoma spesial Ducati Panigale V4R dengan meraih podium juara dalam 4 seri balap WorldSBK 2019 (11 kali) bisa jadi akan menjadi acuan pabrikan lain yang ingin mengembangkan motor anyar. Salah satunya, Kawasaki yang sudah menegaskan bahwa mereka akan meningkatkan perfoma ZX-10RR. Tidak ada pilihan laih jika ingin berkompetisi dengan V4R.

Tentu saja, pabrikan Kawasaki Heavy Industries (KHI) sangat termotivasi karena memang dalam 4 tahun ini mereka meraih jawara dunia  superbike (2015-2018). WorldSBK adalah balapan yang potensial bagi KHI untuk berpromosi karena memang mereka tidak mabil bagian di level MotoGP.

Ichiro Yoda, Direktur Balap Kawasaki

“Secara internal, Kawasaki berpikir bahwa jika Ducati terus dengan motor ini musim depan, kami membutuhkan mesin seperti itu. Kami akan membahas itu, segera akan ada keputusan, “tukas Ichiro Yoda, Direktur Balap Kawasaki. Lebih lanjut, apakah Kawasaki juga akan mengubah konstruksi mesin dari inline 4 cylinder menjadi V4 cylinder seperti Ducati V4R ?

“Tampaknya para pembuat keputusan di Kawasaki terbuka untuk solusi seperti itu. Motor di kejuaraan dunia superbike didasarkan pada mesin berseri. Pesaing kami telah membangun motor yang sangat cepat, Kawasaki tahu apa yang harus dilakukan, “tambah Ichiro Yoda.

Catatan penting, bahwa dalam 20 tahun terakhir, cukup ada model inline 4 cylinder dan V4 cylinder dalam kejuaraan dunia superbike. V4 cukup dipakai Ducati dan Aprilia saat ini, sedangkan yang inline 4 cylinder diaplikasi Honda, BMW, Kawasaki, MV Agusta, Suzuki dan Yamaha. Rata-rata diterapkan sejak tahun 2004. Oh ya, Honda pernah pakai V4 setelah musim 1999 (RC45) pada pacuan VTR 1000 dengan meraih juara dunia lewat Colin Edwards (2000 dan 2002). BB1

Facebook Comments

You May Also Like