Ahli Traumatologi Dokter Costa Kasih Solusi Infeksi Tulang MM93, Resikonya Lengan Lebih Pendek

BeritaBalap.com-Problem infeksi pada tulang humerus (lengan kanan) Marc Marquez pasca dilakukan operasi pencangkokan, identik disebut osteomielitis mengundang perhatian ahli traumatologi Dokter Claudio Costa.

Faktanya memang pembalap tim Repsol Honda tersebut harus menjalani perawatan intensif setelah langkah operasi selama sekira 8 jam. Marquez tidak diperbolehkan pulang dahulu hingga waktu yang belum ditentukan.

BACA (JUGA) : Marc Marquez Terkena Osteomielitis Dan Terancam Absen Balap 2021 ?


Apa pendapat dan penecahan masalah yang diutarakan Dokter Claudio Costa ? “Jika terjadi wabah osteomielitis, bukan berarti tidak muncul lagi setelah beberapa saat. Faktanya, tulang adalah bagian tubuh yang kekurangan pasokan oksigen dan bahkan antibiotik beresiko tidak berpengaruh, betapapun banyak mencobanya”.

“Pada titik ini, kita membutuhkan keberanian untuk mengatakan, ayo lakukan segala kemungkinan atau yang bisa dibayangkan untuk memberikan tulang itu sembuh secara pasti, “ujar Dokter Claudio Costa yang pernah menjadi kepala medis MotoGP (Clinica Mobile).

BACA (JUGA) : Ini Komentar Dokter MotoGP Michele Zasa Soal Kondisi Marquez Sekarang

Sekilas informasi saja, Dokter Claudio Costa berasal dari Italia dan sudah berusia 79 tahun. Beliau sudah pensiun dan begitu populer di era tahun 1990-an. Pernah menangani cedera serius Mick Doohan (Assen, 1992) saat kaki kanannya patah.

Lebih lanjut, Dokter Claudio Costa memberikan solusi walaupun dengan resiko lengan yang tidak sama panjangnya dengan sebelah kiri. Menurutnya, resiko ini tidak bermasalah secara signifikan.

“Jadi lepas plat, kemudian fiksator eksternal dan jika perlu optimalkan dengan fiksator apabila memang perlu walau memperpendek humerus untuk membersihkan area”.

“Tidak ada masalah jika humerus lebih pendek karena kamu tidak berjalan dengannya, kemudian beri antibiotik dan masuk ruang hiperbarik (ruang terapi oksigen, red) karena oksigen dalam kasus ini memainkan peran yang sangat penting. Ada tempat yang sangat bagus di Ravenna, “tambah Dokter Claudio Costa.  Kalau Ravenna itu adalah sebuah kota di Italia Barat. BB1

Facebook Comments

You May Also Like