Akhirnya, Kokpit F1 “Halo” Siap Dipakai Musim 2018


Beritabalap.com – Setelah beberapa kali mengalami perdebatan dan kontroversi, pada akhir FIA mengumumkan bahwa kokpit Halo yang berhubungan dengan perlindungan keselamatan akan dipakai dalam musim kompetisi Formula One (F1) di tahun 2018.

Demikian sebagai hasil pertemuan antara FIA, Liberty sebagai pemilik F1 dan tim-tim. Sekali lagi ditegaskan, wajib di 2018. “Setelah mengembangkan dan mengevaluasi sejumlah besar perangkat selama lima tahun terakhir, menjadi jelas bahwa Kokpit Halo menyajikan kinerja keselamatan terbaik secara keseluruhan, “demikian pernyataan FIA.

Kokpit Halo sendiri dikembangkan sejak tahun 2016. Ini hasil riset yang melibatkan tim Ferrari. Sebelumnya Red Bull juga sempat meriset dengan konsep yang berbeda, namun berhenti di tengah jalan karena memang biaya pengerjaan dan pengujian yang relatif besar.


Kokpit Halo memang sempat dikritik pedas oleh juara dunia F1 2008, 2015 dan 2015, Hamilton. Disebut bahwa Kokpit Halo yang desain rangkanya melindungi pengemudi dianggap menghilangkan tantangan dalam balap F1. Pandangan juga terganggu. Hamilton merasa sangat tidak tertarik dengan kokpit Halo.

Kabarnya, sebelum dipakai 2018, akan dilakukan perubahan pada fitur desain kokpit Halo. Kan masih ada waktu sekitar setengah tahun lagu untuk mematangkannya. Oke, bro dan sista, lihat terus ya berita terkini portal beritabalap.com yang paling lengkap bicara berita balap. Dijamin llebih lengkap dan isinya berbeda. BB1

Facebook Comments

You May Also Like