All New Kijang Innova Zenix : Mahal Atau Murah Itu Relatif, Yang Pasti Innova Zenix Cukup Worth It !

BeritaBalap.comResmi di-launching 21 November 2022 lalu di Jakarta, lalu di re-launching di event GIAS Semarang
tanggal 23 November 2022 untuk wilayah Jateng-DIY, Nasmoco selaku ATPM dari Toyota untuk wilayah Jateng DIY pun menghelat event sakral di Manohara Resto Borobudur, Magelang pada tanggal 24 November lalu dengan konsep Media Gathering.

Dihadiri oleh pejabat teras PT. Toyota Astra Motor (TAM) yakni General Manager PT. TAM Adrian Tirtadjaja dan berikut jajaran petinggi Nasmoco seperti Hartono Dinata selaku Marketing Director Nasmoco Group event ini cukup menarik karena bisa dibilang ini yang pertama ada unit test drive di Jateng DIY semenjak launching dari Jakarta.

Perubahan sangat fundamental pada unit All New Kijang Innova Zenix ini sangat bisa dirasakan saat portal Berita Balap ikut diminta mengendarai All New Kijang Innova Zenix ini. Yang jelas adalah dengan berubahnya sistem penggerak yang sebelumnya berpenggerak roda belakang (RWD) kini All New Kijang Innova Zenix berubah menjadi berpenggerak roda depan alias FWD.

koizumi

Selain itu sistem sasis yang sebelumnya adalah sasis independen kini pun melompat lebih tinggi menjadi sasis monokok yang pasti ini efektif mengurangi body rolling saat mobil diajak bermanuver melibas tikungan dengan kecepatan tinggi. Dan itu tentunya Berita Balap telah mencoba dan merasakan langsung kenyamanan mobil ini baik dari jok kemudi maupun jok baris dua.

Awak Media Berita Balap Saat Menguji Innova Zenix

“Dengan konsep baru berupa Innovative Multipurpose Crossover ini adalah penyempurnaan terbaru dari DNA mobil yang telah lama digandrungi masyarakat Indonesia, “jelas Adrian Tirtadjaja selaku GM PT. TAM yang menyempatkan hadir dan menyapa langsung dalam session tanya jawab bersama awak media.

“Salah satu alasan kenapa All New Kijang Innova Zenix sekarang ini berpenggerak depan adalah agar kabin interior menjadi lebih lega layaknya crossover yang merupakan kombinasi antara MPV dengan SUV, namun jangan khawatir dengan performa mobil ini karena mesin All New Kijang Innova Zenix baik yang type gasoline maupun type hybrid telah mengalami upgrade di sektor mesin yang dimana meski secara kapasitas mesin cuman 2000 cc lebih kecil dari mesin diesel dari Innova sebelumnya namun power output dari mesin ini lebih digdaya, “yakin Adrian.

All New Kijang Innova Zenix menggunakan mesin TNGA 2.0L berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine yang efisien dan powerfull. Dapur pacu 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i ini menghasilkan tenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 20,9 Kgm pada 4.500-4.900 rpm.

Sedangkan type hybrid EV-nya menggunakan mesin berkode M20A-FXS menghasilkan tenaga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 19,1 Kgm pada 4.400- 5.200 rpm. Layaknya mobil hybrid, untuk type EV ini juga ditopang oleh mesin listrik berdaya 113 PS dan torsi 21 Kgm yang totalnya mengahasilkan tenaga gabungan 186 PS pada keseluruhan sistem power unit.

Untuk harga dari All New Kijang Innova Zenix ini cukup worth it, dimana untuk type terendah yakni type G ada di rentang Rp. 425 juta dan di type tertinggi Q Hybrid Vehicles Modelista di angka Rp. 622 juta.

Mengapa ini disebut sangat worth it atau layak ? Pasalnya untuk type hybrid EV pajak tahunannya sangat murah berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 73 Tahun 2019 dimana mobil listrik dan hybrid akan lebih ringan jika dibandingkan dengan mobil berbahan bakar fosil atau gasoline. Dengan mengaplikasikan beberapa teknologi dari Toyota Prius terbaru dan juga kenyamanan dari MPV Toyota Voxy, tak heran jika All New Kijang Innova Zenix ini cukup worth it di kelasnya. danar

Facebook Comments

You May Also Like