Arab Saudi Bangun Trek Al Qidiiya, Siap MotoGP 2023 Tapi Dilarang Dorna, Kenapa ?

BeritaBalap.com-Edan… ! Megaproyek Al Qidiiya sedang dibangun (konstruksi awal 2019). Diklaim sebagai proyek pariwisata yang diklaim akan mengalahkan Las Vegas, USA.

Nah, salah satunya ialah pembangunan sirkuit yang dijamin spesial karena disupport langsung Pangeran Abdulaziz Bin Salman yang juga juga putera ke-4 Raja Salam Bin Abdulaziz.

BACA (JUGA) : Hot News ! Bocor, Foto Aprilia RS-GP 2020 Diatas Dynotest

koizumi

Formula (F1) dipastikan akan hadir disana, sedangkan MotoGP masih berproses dan diharap dapat berlangsung tahun 2023. Oh ya, kota Qidiiya itu berada 40 km dari ibukota Riyadh. Nah, problem sehubungan penyelenggaraan MotoGP hadir. Dorna melarangnya !

Apa sebab ? Ternyata karena kontrak eksklusif Losail, Qatar (QMMF). Pastinya dengan duit yang spesial pula. Konteks inipun yang membuat lintasan Yas Marina, Abu Dhabi tidak boleh hadirkan MotoGP. Padahal sudah ada F1 dan mereka berani bayar juga.

BACA (JUGA) : Marquez Jatuh 14 Kali (2019), Padahal 2018 Hingga 23 Kali, Ini Rahasianya..

Ingat, bahwa Reli Dakar di Arab Saudi, itu dibayar 80 juta euro atau sekitar Rp. 1,2 triliun untuk 5 tahun. Mungkin sudah terlanjur ya sejak dulu. Bukan rahasia umum, Qatar ini banyak musuhnya di jazirah Arab (Arab Saudi, Mesir, Bahrain dan Uni Emirat Arab.

Qatar dituduh mendukung kelompok-kelompok teroris hingga mereka tidak memiliki hubungan diplomatik dengan negara-negara tersebut tasi sejak 5 Juni 2017. Ada boikot ekonomi dan perbatasan nasional ditutup. Penerbangan Qatar Airways juga dilarang selama 3,5 tahun ini. BB1

 

Facebook Comments

You May Also Like