ARRC 2018 Thailand (SS600) : Dominasi Yamaha Thailand, Willairot Jawaranya, Potensial Jawara Umum ?

BeritaBalap.com-Kompetisi kategori balap Supersports 600 (SS600) dalam gelaran Asia Road Racing Championship 2018 (ARRC 2018) menjadi menarik karena masih berstatus memperebutkan posisi juara umum. Maksudnya belum dipastikan siapa yang berhak atas jawara kelas paling bergengsi ini,

Anthony West memang berada di posisi tertinggi dalam klasemen sementara SS600. Akan tetapi, racer Australia tersebut diarang tampil karena skandal obat terlarang sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Terlepas dari konteks tersebut, race 1 SS600 yang dihelat pada Sabtu (1 Desember) menjadi langkah awal penentu. Ini modal penting untuk penambahan pundi nilai. Makin menegangkan karena beberapa kandidat mengalami problem, seperti M Zaqhwan Zaidi yang terjatuh di lap pertama hingga sempat bersenggolan dengan Azlan Shah.


Padahal mereka sama-sama berpeluang menambah pundi poin untuk perebutan predikat terbaik ARRC 2018. Zaqhwan sendiri tidak melanjutkan balapan, sedangkan Azlan terus berupaya keras mengejar lawan hingga lap akhir dapat finish ke-7. Mengacu konteks ini masih tersisa nama Rathapong Wilairot, Yudhistira dan Andi Gilang.

Hingga lap pertengahan, memang Decha Kraisart dan Rathaphong Willairot yang cukup jauh meninggalkan rival-rivalnya. Tampak mereka mengatur irama sedemikian rupa hingga Decha memberikan ruang kepada yuniornya untuk memimpin jalannya race. Kan mereka satu tim dalam bendera Yamaha Racing Thailand.

Maklum saja, ini berhubungan dengan upaya meraih poin maksimal. Karena memang Willairot yang lebih potensial. Pada akhirnya, Willairot yang merebut podium juara, diikuti rekan se-timnya Decha Kraisart dan podium ke-3 milik petarung tanah air, Ahmad Yudhistira (Manual Tech KYT Kawasaki Racing).

Mengacu hasil ini, maka gap poin antara Willairot dan Anthony West berbeda 20 nilai. Masih ada 25 nilai lagi. Apakah dapat mengejar Anthony West di race ke-2 ? Awas pula, karena Yudhistira juga punya peluang (bisa lihat klasemennya di bawah tulisan ini). Kita lihat saja ya pertarungannya besok, Minggu (2 Desember). BB1

Klasemen Sementara Supersports 600 (Hingga Race 1) :

Anthony West                136

Ratthapong Willairot      116

Ahmad Yudhistira           115

 

Facebook Comments

You May Also Like