Balap Motor Listrik (MotoE) Dimulai di Sachsenring, Ada 10 Tempat Ngecas Baterai

BeritaBalap.com-Balapan motor listrik alias MotoE dimulai di Sirkuit Sachsenring, Jerman, akhir pekan ini (5-7 Juli). Infonya cukup dengan 8 laps saja alias berjarak sekitar 28 km. Jadi bersamaan dengan MotoGP, Moto2 dan Moto3. Maksudnya dalam satu rangkaian.

Sekilas informasi saja, pacuan MotoE yang dipasok pabrikan Energica Ego (Italia) memiliki tenaga 160 HP (Horse Power). Namun diklaim lebih lambat sekitar 55 HP (Horse power) dari mesin Moto3. Pastinya tenaga listrik tidak seresponsif kinerja injeksi.

BACA (JUGA) : Jadual Lengkap MotoGP, Moto2, Moto3 Dan MotoE Sachsenring Jerman (Jumat-Minggu, Dalam WIB)

Oh ya, saat ini semua motor dibuat ulang setelah peristiwa kebakaran di Jerez, Spanyol dengan kerugian 1,5 juta euro atau Rp. 24 milyar. Ada 12 tim dengan stok 18 motor. Lebih lanjut, ada 10 stasiun pengisian baterai (Charging Station) yang disediakan di Sachsenring, Jerman. Charging Station ini didukung oleh bahan bakar biodiesel dan siap sedia dengan cepat mengisi batere MotoE seberat 100 kg. Itu yang diungkapkan Nicolas Goubert selaku Direktur MotoE.

“Waktu pengisian sekitar satu jam. Kami harus membuat beberapa perubahan dari sisi pengisian. Kami sekarang memiliki 6 stasiun pengisian. Mereka adalah charger cepat, “terang Nicolas Goubert.

“Pada tes Jerez, kami masih memiliki masalah dengan sistem. Awalnya kami ingin menggunakan sistem pengisian lain untuk awal musim. Tapi sistem ini belum siap untuk memulai. Oleh karena itu, disini dan di Spielberg kami menggunakan stasiun pengisian normal, yang telah dimodifikasi dan disesuaikan. Menurut rencana, kami akan mendapatkan stasiun pengisian khusus yang baru di balapan ke-3 di Misano. Dari Misano, kami ingin menggunakan energi hijau, seperti yang kami umumkan dari awal. Kemudian kita akan berhenti menggunakan generator biodiesel, “tambah Nicolas Goubert.

Namun versi media asal Jerman SpeedWeek.com setelah melihat dari dekat, ternyata ada 10 Charging Station, bukan 6. Lebih lanjut, tim-tim akan diberikan mesin-mesin standar Energica secara gratis. Dorna membayar tim 40.000 euro atau sebesar 600 juta-an per-musim dan per-pembalap.

Beberapa nama racer yang ambil bagian ialah Sete Gibernau, Alex De Angelis, Hector Garzo, Bradley Smith, Nico Terol, Maria Herrera, Eric Granado, Niki Tuuli dan Jesko Raffin. “Yang paling tidak biasa adalah saat start. Di balap Moto2, kami menciptakan suara bising. Ada keheningan di MotoE. Kamu juga tidak mendengar lawanmu di tikungan, “tukas Jesko Raffin. BB1

Facebook Comments

You May Also Like