Balap Superbike 2018 Pakai ECU Seragam, Biar Tidak Bosan Lihat Dominasi Kawasaki & Ducati

Kompetisi balap superbike (WSBK) dirasa monoton atau membosankan. Begitu kentara dominasi pacuan Kawasaki ataupun Ducati dalam beberapa tahun belakangan. Termasuk di musim 2017 yang sudah berjalan 6 seri. Itu-itu saja yang menang. Kawasaki 9 kali podium juara, sedang Ducati 3 podium juara.

Sesuai aturan, masing-masing putaran berlangsung 2 race. Jadi total 12 race. Motor lainnya cukup podium ke-3 atau lima besar saja. Maka dari itu, pihak penyelenggara WSBK mempersiapkan langkah penggunaan ECU kontrol yang seragam. Jadi dibuat seperti MotoGP. Kan WSBK dan MotoGP sama-sama dipromotorin Dorna Sports.

Pertemuan antara komisi superbike yang notabene dibentuk dari berbagai perwakilan Dorna, juga asosiasi Motorsports dari berbagai pabrikan dan FIM telah melakukan pertemuan di Barcelona (9 Juni) untuk membahas hal tersebut.

koizumi

Kabarnya juga, pihak Dorna sudah melakukan pembicaraan dengan penyelenggara Superbike Inggris (BSB) yang sudah menerapkan ECU kontrol yang seragam. Diprediksi, dengan ECU kontrol yang seragam, maka persaingan akan lebih ketat. Fakta selama ini hanya pabrikan Kawasaki dan Ducati yang lebih serius di superbike dibanding yang lainnya. BB1

Facebook Comments

You May Also Like