Balap Superbike (WSBK) itu Tidak Repot Naik-Turun Pedal Gigi ? Ini Penjelasan Mekanik Jonathan Rea & Tom Sykes

Oriol Pallares, kepala mekanik Kawasaki Racing Team (KRT) yang mengawal pacuan ZX-10 RR milik Jonathan Rea dan Tom Sykes memberikan penjelasan menarik. Bahwa penggunaan pedal-gigi pada balap superbike (WSBK 2017) hanya pada saat momen start saja. Selebihnya dengan tombol quickshifter.

Jadi tidak menggerakkan terus upshift dan downshift atau naik-turun pedal gigi. Ini yang disebut tidak efektif dan mengurangi konsentrasi pebalap. Belum lagi jika tiba-tiba harus engine-brakes.

“Jadi pebalap hanya menarik tuas kopling saat awal balapan saja. Kemudian mereka tidak lagi menggunakan upshift dan downshift. Dengan sistem elektronik, kami memilki bagian dari motor yang disebut load-cell. Ini yang mengirimkan sinyal ke ECU dan ECU tahu jika pengendara ingin pergeseran gigi turun ataupun naik, “terang Oriol Pallares yang sukses membawa Joanthan Rea merebut juara dunia WSBK 2015-2016.

“Ini adalah bertujuan untuk waktu yang lebih cepat dalam perpindahan gigi dan kenyamanan pebalap. Mereka tidak harus menutup throttle gas untuk menaikkan pedal persneling sehingga pada akhirnya waktu lap akan lebih baik. Mereka bisa melupakan tarik-kopling untuk menurunkan gigi. Jadi ini sistem yang kita gunakan, “tambah Oriol Pallares. BB1

Facebook Comments

You May Also Like