Belum Race Tapi MotoGP, Moto2, Moto3 Le Mans Sudah Catat 77 Kali Crash

BeritaBalap.com-Sesi latihan bebas (FP) dan kualifikasi (Jumat dan Sabtu, 14-15 Mei) dari MotoGP, Moto2 dan Moto3 di Sirkuit Le Mans Perancis catat sejarah. Sudah terjadi 77 kali crash dalam 2 hari tersebut.

Begitu banyak insiden pembalap yang terjatuh. Ingat angka 77 tersebut, belum termasuk MotoE dan belum termasuk juga raceday, Minggu (16 Mei).

BACA (JUGA) : Waduh ! Marc Marquez Akui Ada Kerusakan Syaraf, Berapa Persen Kondisi Sebenarnya ?

koizumi

Demikian yang berhubungan dengan kondisi cuaca yang tidak menentu. Berubah-ubah. Seperti dalam FP1 yang mana trek basah, kemudian di FP2 nya kering. Ataupun dalam kualifikasi (Q1) MotoGP yang hujan, sedangkan kualifikasi 2 (Q2) kering.

Valentino Rossi menyebut MotoGP Le Mans yang berbahaya. Perubahan cuaca dalam hitungan menit. Bahkan pula seorang Francesco Bagnaia (Ducati) mengusulkan kepada Dorna Sports untuk mengganti jadual MotoGP Le Mans dengan seri Mugello, Italia. Pastinya, berhubungan dengan kondisi safety.

“Jika kita berbicara tentang keamanan, kita tidak bisa datang ke Le Mans saat ini. Bannya tidak berfungsi, sejauh ini kami telah melihat 77 kali kecelakaan. Pada suhu 12 derajat dan 20 derajat di aspal, ban tidak berfungsi, baik Michelin maupun Dunlop, “ujar Aleix Espargaro.

“Semua orang jatuh. Apakah kita semua bodoh ? Tidak, bukan kami ! Saya tidak mengeluh karena kami mengemudi di trek basah, itu tugas saya. Tapi tidak pada suhu 12 derajat. Mengapa kita tidak balapan disini dalam kondisi normal ? Kalau tidak memungkinkan, pabrikan harus membawa ban khusus untuk Le Mans, ”ujar Aleix Espargaro. BB1

Jadual Baru MotoGP Le Mans Minggu (Beda 5 Jam Dengan WIB Yang Lebih Lambat) : 
09:00-09:20                  Moto3™                       WARM UP     
09:30-09:50                  Moto2™                       WARM UP   
10:00-10:20                  MotoGP™                    WARM UP       

11:00                Moto3™                       RACE (18 laps)
12:20                Moto2™                       RACE (20 laps)
14:00                MotoGP™                    RACE (22 laps)
15:30                MotoE™                       RACE ( 8 laps)

Facebook Comments

You May Also Like