Tips Berkendara Saat Hujan Agar Tetap Safety

BeritaBalap.com- Hujan sudah kerap turun menjelang akhir tahun 2021 ini sehingga pengguna sepeda motor harus berhati-hati ketika berkendara di jalan. Kondisi saat hujan yang berbeda membuat pengendara harus meningkatkan kewaspadaan untuk menjaga keselamatan berkendara.

”Mengendarai sepeda motor saat hujan membuat pengguna motor perlu memperhatikan beberapa hal yang mendukung keselamatan berkendara bersama. Dengan tantangan berbeda yang dihadapi ketika hujan, kami memberikan tips yang dapat diterapkan untuk kelancaran aktivitas berkendara,” papar Wiranata P.Ilahi, Manager Promosi Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan – Bengkulu). Tim

Berikut tips berkendara saat hujan dari Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers :

koizumi

1. Persiapan Diri

Sebelum keluar saat hujan, cek kondisi badan terlebih dahulu. Sebaiknya berkendara saat kondisi tubuh fit terutama saat musim hujan. Karena kondisi tubuh yang tidak fit akan mempengaruhi fokus saat berkendara dan lebih mudah sakit akibat cuaca yang kurang mendukung.

2.Lampu Sepeda Motor

Fungsi lampu sepeda motor yang hidup saat musim hujan bertujuan agar pengendara dapat melihat jalan dengan jelas dalam kondisi hujan dan jalan yang tergenang air. Tidak hanya lampu depan yang menyala melainkan lampu belakang pun wajib untuk hidup, terutama saat lebatnya hujan yang turun. Dengan adanya lampu belakang yang hidup ikut memberikan tanda kepada pengendara lain jika terdapat kendaraan di depannya. Selain itu pastikan ban dan rem dalam kondisi baik.

3.Gaya Berkendara

Gaya berkendara saat hujan berbeda dengan gaya berkendara saat kondisi normal. Saat hujan resiko berkendara lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi normal sehingga kita harus lebih berhati-hati dalam berkendara terutama saat melakukan pengereman, jadi lakukan pengereman dengan halus dan perlahan. Serta buka tutup gas yang lebih smooth dan lebih memperhatikan kondisi sekitar.

4.Jas Hujan

Selain melindungi tubuh dari hujan, fungsi jas hujan dapat mengurangi rasa dingin dan dapat menjaga tas dan barang bawaan terhindar dari hujan. Disarankan para pengendara menggunakan jas hujan jenis setelan. Tidak disarankan menggunakan jas hujan jenis ponco karena dikhawatirkan akan tersangkut di bagian rantai atau roda sepeda motor. Juga disarankan menggunakan helm dengan visor bening karena saat hujan memungkinkan visor helm berkabut sehingga mengganggu fokus saat berkendara.

Facebook Comments

You May Also Like