Benarkah Aprilia Tiru Honda Dan Ducati Pakai Mesin V4 90 Derajat? Ternyata…

BeritaBalap.com – Aprilia memang satu-satunya yang belum menunjukan motor 2020-nya setelah tes Jerez dan Valencia tahun 2019 lalu. Sepertinya gossip menggunakan mesin V4 berkonfigurasi 90 derajat seperti Honda atau Ducati pun mencuat ke permukaan.

Faktanya justru belum tentu demikian. Aprilia memang pabrikan yang paling sibuk sebelum musim 2020 berjalan. Proyek baru yang telah disetujui Piaggio Group sebagai payung dana, sepakat mengadakan perombakan total di motor.

BACA (JUGA) : Kalah Dari KTM (Klasemen Pabrikan), Ini Jawaban Bos Aprilia Dan Strateginya 2020

koizumi

Setelah ramai digosipkan menggunakan mesin yang mirip Ducati atau Honda, justru dibantah oleh Romano Albesiano, technical director Aprilia. Aprilia belum tentu menggunakan sudut 90 derajat (sejak 2016 menggunakan konfigurasi 75 derajat).

Saat ini Romano Albesiano menolak disebut Aprilia memakai mesin 90 derajat. yang dikatakannya adalah, “Yang saya katakan adalah, mesin baru lebih lebar dari sebelumnya (sudut konfigurasinya),” elaknya.

BACA (JUGA) : Aprilia Dalam Pertaruhan Besar, Soal Apa?

Namun lucu juga ketika melihat bagaimana performa Honda dan Ducati dengan V4 90 derajat, justru ditolak Aprilia. Nampaknya Aprilia sendiri punya padanan tersendiri perihal konfigurasi mesin.

“Mesin baru nanti memberikan kemungkinan untuk bisa menggunakan firing order (sistem pengapian) yang berbeda (screamer atau big bang) sehingga kami bisa gerus menambah performa mesin. Selain itu mesin baru kami akan memiliki efisiensi engine braking yang jauh lebih baik,” lanjut Albesiano.

BACA (JUGA) : Akibat Ulah Aleix Espargaro, Aprilia RS-GP 2020 Hampir Saja Terungkap, Kok Bisa?

Desain mesin Aprilia memang benar-benar sangat berbeda dengan sebelumnya. As kruk (crank shaft) didesain lebih kompak dan tidak lagi menggunakan balance shaft seperti sebelumnya.

Prediksi awal, mesin RS-GP 2020 sudah memiliki power 10% lebih besar dari versi 2019 yang hanya memiliki power 255 dk. RS-GP 2020 akan memiliki power awal sebesar 280 dk yang artinya sudah bisa kompetitif dengan pabrikan lainnya.

BACA (JUGA) : Jika Iannone Ditendang, Ada Seorang Rider Lamar Aprilia Dan Bawa Sponsor, Siapa Dia?

Namun selama musim 2020, Aprilia akan mencari balance power antara akselerasi, peak power dan drive ability (kelembutan karakter tenaga). WIC

Facebook Comments

You May Also Like