Berapa Tinggi Badan Ideal Buat Balap Superbike (WorldSBK) ?

BeritaBalap.com-Tinggi badan seorang pembalap Superbike (WorldSBK) menarik dicermati. Maklum saja, ini motor yang memang relatif gede karena silindernya saja 1000 cc. Terpenting pula, motor ini diproduksi massal karena bisa buat harian (daily-used). Lain hal MotoGP yang pastinya lebih ramping atau simpel.

Nah, mengacu data racer WorldSBK2019, maka ada perbedaan hingga 22 cm antara pembalap tertinggi dan yang terendah. Oh ya, tinggi badan yang identik dengan bobot badan yang lebih berat itu berhubungan erat dengan distribusi berat di roda depan ataupun pencapaian top speed.

Adapun rider WorldSBL 2019 dengan postur tubuh tertinggi ialah Loriz Baz (Ten Kate Yamaha) yang 191 cm. Wah.. sudah kaya pemain basket profesional ya. Kalau yang terkecil ialah Alvaro Bautista dengan tinggi badan 169 cm.

koizumi

Mengacu pada berbagai data dan rata-rata tinggi badan dari semua pembalap, maka idealnya untuk seorang petarung superbike 1000 cc ialah 178 cm.

Jika mengacu pada skuad WorldSBK 2020, maka yang mencapai angka tersebut ialah Mac Scheib (Orelac Kawasaki), sedangkan juara dunia WorldSBK 2015 hingga 2019 ini, yaitu Jonathan Rea menjadi pembalap yang paling dekat dengan angka ideal 178 cm tersebut. BB1

Data Tinggi Badan Pembalap Superbike (WorldSBK 2019) :

Facebook Comments

You May Also Like