Bongkar Mesin Road Race Berbasic Astrea Grand (MP4), Lawan Jupie Z Atau Blade 125 !

Beritabalap.com-Tidak umum ! Tidak seperti biasanya. Namun ini jadi tantangan bagi Ari Prasetyo selaku mekanik yang pede membangun pacuan balap, khususnya road race kelas pemula A MP4 (125 cc) dengan basic motor Honda Astrea Grand. Jadi bukan berbasic Yamaha Jupiter Z-1 ataupun Honda Blade 125. Yang ini dijamin nyeleneh !

Ini dia aktor pacuan balap berbasic Astrea Grand yang mana berasal dari Karanganyar Solo

“Saya riset step by step. Jadi tidak langsung ekstrim. Ini berhubungan dengan dayatahan Astrea Grand lansiran 2000. Kompresi tidak terlalu tinggi, saya buat 12,5 : 1 dengan bahan bakar Pertamax Plus. Kalau karburatornya Keihin PWK24, “terang Ari Prasetyo dari bengkel ARX Racing Putra Jaya Karanganyar yang notabene mematok main-jet dan pilot jet pada kombinasi angka 140 dan 25.

RPM atas dipercaya pada kinerja camshaft yang bermain di angka durasi 272 derajat. Pasokan gas aktif yang siap dikompresikan didukung oleh kinerja klep gambot diameter 26 dan 22 mm untuk sisi in dan ex. Lift atau angkatan klepnya 8 mm.

koizumi

“Untuk rasio, sementara ini rasio 1 hingga 3 masih standar. Kalau gigi 4 nya 23-23. Kita masih proses riset. Kalau untuk girnya, di trek Tawang Mas, efektifnya dengan final gear 13-40, “tambah Ari Prasetyo yang pede dengan diameter piston 55 mm. Konteks ini diakukan untuk mengejar batasan kubikasi s/d 125 cc (MP4).

Karburator dilayani Keihin PWK 24

Belum selesai sampai disini saja. Bagian kaki-kaki dan rangka tidak luput dari perhatian. Perlu diketahui, Honda Astrea Grand dalam road race tergolong lemah pada sektor rangka. Nah, ini yang diakali mekanik asal Karanganyar Solo ini dengan memperkuat rangka tengah yang rentan retak bahkan putus. Yaitu dengan tambahan pipa tubular. Mirip atau 11-12 lah dengan kerangka motor ala grasstrack.

Termasuk menyesuaikan posisi jok dan pijakan kaki se-ideal mungkin. Senyaman mungkin. “Meskipun menggunakan motor jadul, saya tetap tampil percaya diri. Memang sich belum bisa juara, namun minimal orang tahu kalau di balap motor tidak hanya motor keluaran terbaru tetapi motor yang usianya sudah puluhan tahun itu masih ada,’’tukas Rifai sebagai joki andalan. Semoga risetnnya terus berkembang ya, bro. D14N

Facebook Comments

You May Also Like