Bongkar Rahasia Upgrade Yamaha X-Max 350 cc Milik Yonk Jaya Motor Bandung, Nyaman Buat Harian & Turing

BeritaBalap.com-Tampilan montok namun seksi ada pada Yamaha X-Max. Makin spesial karena dibekali dengan kapasitas mesin 250 cc. Harganya juga lebih bersahabat karena memang dibuat di Indonesia alias bukan impor. Namun di tangan Koh Yonk selaku pemilik Yonk Jaya Motor (YJM) Bandung masih saja dirasa kurang.

Maklum saja, darah racing mengalir deras dan kuat dari Koh Yonk. Beliau pelaku senior balapan yang sebelumnya punya tim yang langganan juara nasional. Tidak heran jika kemudian Koh Yonk melakukan upgrade pada Yamaha X-Max miliknya menjadi 350 cc. Maksudnya dibore-up atau pembesaran kapasitas mesin (silinder).

Lumayan toh peningkatannya. Mantapnya, motor tetap nyaman dipakai harian dan turing walaupun jeroan mesin mengalami pembengkakan menjadi 350 cc. Penasaran….??? Langsung saja kita bongkar rahasia upgrade Yamaha X-Max 350 cc yang nyaman untuk harian dan turing ala YJM.

Ini Yamaha X-Max 350 cc by Yonk Jaya Motor (YJM) Bandung

Langkah pertama, mengganti kruk-as dan stang seher asli yamaha X-Max 250cc dengan produksi X-Max 300 cc yang diedarkan di benua Eropa sana. Kemudian piston diganti menggunakan diameter 75 mm. Hasilnya, Yamaha X-Max miliknya kini memiliki tenaga hingga 36,3 Horse Power (hp), sedangkan bawaan pabrik alias standarnya memiliki tenaga 20,1 HP.  Torsi juga sudah bermain di angka 43 Nm.

“Itu bisa dilihat dari hasil dynotest yang dilakukan di markas TDR Technology Center di Cakung, Jakarta Timur, tenaganya terbukti bisa mencapai 36,3 HP. Bahkan terlihat saat di video, jarum spedometer melebihi angka 160 km/jam karena tenaganya yang berlimpah, ”beber Ko Yonk yang memiliki nama asli Tjiou Sui Lin.

Ini data power dan torsinya saat dyno-test di TDR Technology Center Jakarta, hasilnya dijamin spesial

Untuk mengimbangi pembengkakan kapasitas mesin, maka injektor juga turut diubah menggunakan 14 hole. Semprotannya dibuat lebih deras. Tujuannya, agar pasokan bahan bakar lebih banyak dan tidak membuat mesin cepat panas. Kemudian, saluran udara dari filter menuju throttle juga turut ditingkatkan. Part standar bawaan X-Max digusur dengan snorkel buatan Yonk Jaya Motor (YJM).

Untuk mempermudah melakukan mapping, otak injeksi alias ECU mengandalkan milik API-Tech. Pasalnya, setelah mapping terbaik disimpan pada memori ECU, kemudian jika ingin melakukan fine tuning enggak perlu ribet buka laptop. Bisa unduh aplikasi APU Tech di Android.

“Fine tuning dapat dilakukan dengan cara masuk di meu ecu tune. Bisa diatur lagi, mulai geser pengapian, ganti limiter putaran mesin hingga semprotan injector. Jadi cukup melalui android. Praktis kan, ”beber Koh Yonk yang juga tergabung dan mendukung beberapa komunitas X-Max ataupun N-Max wilayah Bandung dan sekitarnya. Oh ya, Koh Yonk juga sebagai distributor produk-produk Mitra 2000 seperti TDR Racing, sokbreker YSS, Comet, oli Vrooam, ECU API Tech, Koso dan lain-lain.

Sokbrekernya by YSS yang memang sudah terbukti

Langkah selanjutnya, melakukan upgrade pada bagian Continuous Variable Transmission alias CVT yang kini lebih nyaman mengaplikasi full set CVT milik TDR. Tak lupa, pembuangan bahan bakar digantikan dengan merek Leo Vince yang namanya sudah mendunia.

“Setelah beres semuanya, motor langsung di geber dari Bandung ke Pangandaran. Lalu dari Bandung ke Geopark Ciletuh, Sukabumi. Tidak ada kendala maupun masalah selama melakukan perjalanan, ”kalem Koh Yonk yang mengandalkan sok belakang milik YSS.

Nah,… Buat turing aja nyaman, ap lagi buat dipakai harian ? Pasti bakal tambah Pe-De… Pasalnya, selain sekujur bodi yang diberi kelir motif TDR Racing, juga banyak mengandalkan part variasi produk TDR Racing. Tentu saja, karena TDR Racing sudah terbukti berpengalaman dan terbukti di dunia balap nasional.

Koh Yonk yang makin hari makin tampak lebih muda dan pastinya disupport produk TDR Racing

Pingin upgrade performa X-Max seperti milik Koh Yonk ? Langsung saja, samperin YJM ya di Jl. Ahmad Yani, No. 358, Bandung, Jabar. Atau bisa dikonsultasikan terlebih dahulu di nomor 022-7271337, 08122003963. Edhot/BB1

Facebook Comments

You May Also Like