Cek Data ! Veda Ega Pratama Terbaik Diantara Pendahulunya Pasca Podium Ke-3 Tahun Pertama Rookies Cup

BeritaBalap.com-Menarik ketika kita bicara ataupun diskusi sehubungan data perbandingan dalam konteks yang sejenis atau sama ya. Jadi logis alias masuk akal dan pastinya manusiawi. Ini soal momen Veda Ega Pratama yang sukses meraih podium untuk pertama kalinya. Pembalap asal Gunungkidul Yogyakarta tersebut meraih podium ke-3 dalam race ke-2 hajatan Red Bull KTM Rookies Cup di Sirkuit Red Bull Ring Austria, Minggu (18 Agustus).

Jadi unsur perbandingannya adalah pencapaian podium di tahun pertama diantara para pembalap binaan dari pabrikan Astra Honda Motor (AHM) yang diagendakan mengikuti Rookies Cup.

Bahwa dapat disimpulkan bahwa Veda Ega Pratama yang juga putera mantan pembalap nasional Sudarmono berhasil merebut podium ke-3 tersebut di tahun pertamanya sebagai rookie atau pendatang baru hajatan tersebut. Ingat ya, tahun perdana topiknya. Kalau standing pointnya ke-8.

koizumi

BACA (JUGA) : Ada Skenario Dorna Buat 2 Rookie MotoGP 2025 Chantra dan Ogura Demi Pasar Asia ?

Nah, jika kita mengacu data yang pastinya apple to apple, maka ketika era Fadillah Arbi Aditama (Rookies Cup 2022), itu memang tidak pernah mencapai podium. Saat itu petarung asal Purworejo tersebut finish terbaik ke-5 di Mugello Italia dan berada di peringkat ke-14 dalam klasemen akhir.

Begitupun dengan Mario Aji saat pertama mengikuti kompetisi Rookies Cup 2019. Tidak dapat meraih podium di tahun pertama keikutsertaannya. Finisher terbaik ke-5 di Aragon, sedang posisi akhirnya ke-16.

Namun memang Mario Aji dapat merebut podium (ke-2 di Valencia) tetapi itu di tahun ke-2 kehadirannya (Rookies Cup 2020 dengan posisi akhir ke-11). Sekali lagi, konteks pembahasannya adalah tahun perdana. Paham ya. Termasuk pula Gerry Salim (Rookies Cup 2018) yang terbaik di deretan 8 besar (Assen Belanda) dengan peringkat akhir ke-17.

Adapun tradisi para pelaga AHM yang bersaing di Rookies Cup, itu rata-rata dikondisikan dalam 2-3 tahun sebelum menuju FIM JuniorGP. Saat ini memang lebih ketat dengan aturan usia yang dipatok mutlak oleh FIM untuk JuniorGP ataupun menuju Moto3. Kematangan emosional dan psikologis yang menjadi alasan pasca banyak terjadi kecelakaan. BB1

Klasemen Sementara Rookies Cup 2024 :

 

Klasemen Akhir Rookies Cup 2022 (Tahun 1 Fadillah Arbi) : 

Klasemen Akhir Rookies Cup 2019 (Tahun 1 Mario Aji) :

 

 

 

Facebook Comments

You May Also Like