Dominasi Podium Balap Ketahanan Yamaha Endurance, Ketum Ravens15 : Berkat Kerja Spesial Rem Elig & Pelumas Ipone

BeritaBalap.com-Gelaran Yamaha Endurance Festival jadi ajang pesta untuk komunitas penggeber Yamaha R-Series. Termasuk, komunitas Ravens15 ikut berpesta di atas podium kehormatan pemenang balap ketahanan itu. Tim asal Tangerang yang menurunkan 3 pasangan itu mendominasi event yang digelar Minggu lalu (30 Sept). Selamat ya semuanya !

Ravens15 saat di podium juara Yamaha Endurance Festival 2018

Keberhasilan komunitas R15 yang diketuai Imam Fajarie ini berkat strategi dan 2 rahasia penting. “Soal strategi, tiap pasangan memang punya cara sendiri mengatur siapa yang keluar. Tapi, untuk bertahan 1 jam geber terus, ketiga pasangan Ravens punya kuncian yang sama. Sama-sama dibikin kuat dicengkram, dan licin naik-turun,” buka Imam yang ikut lomba ketahanan berduet dengan Radityo Wibisono.

Baca (juga) : Hasil Juara Lengkap Yamaha Endurance Festival 2018 Sentul

koizumi

Tanpa malu-malu, dengan niat berbagi, Imam menyebut, 3 Yamaha R15 punya 2 komponen yang sama. Yaitu, kampas rem memakai produk Elig Nucap NRS, dan olinya pakai Ipone Stroke 4. “Karena balap ketahanan 1 jam, kami sangat tergantung pada kemampuan rem dan ketahanan mesin supaya nggak drop tenaganya. Jadi butuh rem yang tahan pakemnya, dan oli yang tahan panas dan rpm tinggi untuk waktu lama,” urai Imam yang memasuki masa purna baktinya di komunitas Ravens15.

Rem Elig terbukti kuat dan tahan lama dalam balap ketahanan Yamaha Endurance Festival 2018 Sentul

Soal keampuhan rem Elig Nucap NRS yang berteknologi ‘kuku macan’, Imam dan Radityo merasakan banget khasiatnya. Gaya balap pangan ini memang agak keras memakai rem. “Radit, gaya masuk tikungan, ganas nge-brake-nya. Mirip Roofied. Kalau saya, alus ngeremnya. Toh, saat giliran saya yang ngegas, rem tetap kuat mencengkram. Nggak ada tuh, rasanya ngelos,” ungkap Imam yang bersama Radityo jadi juara ketiga, menuntaskan 25 putaran.

“Kalau saya perhatiin, bahan kampas rem Elig Nucap NRS ini kuat, tahan panas. Dan saya yakin teknologi kuku macannya itu yang bikin dia jadi nyaman tanpa getaran,” timpal Dzakwan Roofied. Pelajar SMAN 87 Tangerang ini kudu puas berdiri di podium sebagai juara ke-7. Doi yang sudah sempat di posisi ke-4, salah strategi pertukaran pembalap dengan Agung Nugroho.

Soal ketahanan mesin jadi perhatian khusus Bambang Sutikno yang mengurus mesin pasukan Ravens15. “Gaya balap mereka beda-beda, buka-bukaan gasnya memang mengikuti karakter mesin standar. Tapi, tetap saja, perbedaan antara pembalap kelas Comm A dan Comm B bikin mesin harus kerja lebih keras supaya tahan,” jelasnya.

Oli Ipone terbukti handal dalam pelumasan mesin di RPM tinggi

Lebih lanjut, khasiat Ipone Stroke 4 diungkap Naufal Ali. Pelajar SMA Taruna Mandiri, Tangerang Selatan ini terhitung anyar di dunia adu kencang di sirkuit. Dia turun sebagai pembalap kedua berpasangan dengan Reza Reinaldy, joki asal Tasikmalaya yang sudah berpengalaman. Dan, pasangan beda pengalaman ini mencatat prestasi finish ke-5 di akhir lomba.

Naufal mengaku, motor yang dipakai di balap ketahanan ini, adalah motor yang ia pakai di 4 seri Yamaha Sunday Race. Ia pun sempat was-was tenaga motornya drop setelah digas Reza 10 lap. “Soalnya, saat latihan, sebelum pakai oli Ipone, Reza sempat bilang tenaga motor drop. Tapi, pas balap, setelah Mas Bambang masukin oli Ipone, aku bisa gas abis motor seperti biasa,” tutur Naufal.

Jadi itu rahasia Ravens15 dominan di balap ketahanan Yamaha Endurance Festival 2018 ya. Rem Elig disupport Oli Ipone sudah terbukti di dunia balap yang tantangannya berat. Alhasil, rasanya pemakai motor harian dan turing layak mencobanya. tim

Facebook Comments

You May Also Like