Edan ! Ini Daftar Banyak Rider MotoGP Yang Cedera Padahal Masih Paruh Musim 2023

BeritaBalap.com-Format baru balap MotoGP 2023 diklaim menimbulkan banyak crash atau insiden kejatuhan pembalap. Latihan bebas yang diperpendek, ditambah dengan adanya balapan sprint race pada hari Sabtu.

Konteks sprint race ini diklaim sangat potensial terjadi crash karena jumlah lap yang pendek dan pastinya para pembalap langsung bermain ngotot sejak awal lap. Tidak ada upaya memanage ban. Langsung gas pol.

Berkut ini daftar pembalap MotoGP yang sudah atau masih mengalami cedera hingga paruh perjalanan MotoGP 2023. Masih setengah jalan ya dan sudah banyak yang sudah atau masih mengalami cedera.

koizumi

Enea Bastianini

Dalam balapan pendek Sprint Race pertama di Portimao Portugal, pembalap tim pabrikan Ducati Lenovo ini jatuh dalam kecelakaan yang melibatkan Luca Marini. Cederanya pada tulang bahu yang patah hingga membuat Enea Bastianini absen beberapa seri.

Pol Espargaro

Racer senior tim GasGas Tech3 mengalami kecelakaan serius pada sesi latihan bebas Jumat di Portimao. Banyak sekali area cedera pada tubuhnya (rahang, punggung, tangan dan kaki), bahkan harus dilakukan operasi berulang kali. Termasuk klaim Pol Espargaro yang menyebut efek modifikasi tulang belakang, maka tinggi tubuhnya menjadi lebih rendah 1,5 cm.

Aleix Espargaro

Pembalap tim Aprilia ini mengalami crash dalam seri MotoGP Mugello Italia hingga cedera pada tumit, punggung dan lengannya. Petarung asal Spanyol ini berjalan terpincang-pincang karena sakit yang luar biasa.

Marc Marquez

Pembalap Repsol Honda itu menjalani operasi lengan yang mengancam kariernya setahun lalu, tetapi pada akhir pekan pertama tahun 2023, mengalami cedera baru ketika bertabrakan dengan Miguel Oliveira yang mengakibatkan ibu jarinya patah. Kemudian saat Sachsnering Jerman juga jatuh 5 kali hingga terpaksa mundur dari balapan utama karena cedera pada tulang rusuk kiri.

Miguel Oliveira

Rider asal Portugal ini beberapa kali mengalami cedera. Selain di Portimao Portugal hingga membuat dirinya absen di seri selamjutnya, juga kembali di Catalunya Spanyol saat crash dengan Fabio Quartararo dimana ia mengalami dislokasi dan cedera patah tulang bahu.

Pembalap RNF Aprilia itu bisa dibilang pembalap yang paling sial tahun ini. Musimnya sebagian besar dihancurkan cedera fisik. Miguel Oliveira lolos dari cedera besar ketika Marc Marquez menabraknya di Portimao, dia mengalami cedera kaki dan melewatkan satu putaran.

Ia kemudian mengalami dislokasi dan patah tulang bahu, ditambah kerusakan ligamen, saat ia disingkirkan oleh Fabio Quartararo di Spanyol.

Joan Mir

Pembalap Repsol Honda itu telah absen dari 6 balapan terakhir, karena cedera tulang di jari kelingking tangan kanannya. Ia mengalami crash saat latihan di Mugello. Sebelumnya, ia tidak balapan di MotoGP Argentina setelah sehari sebelumnya mengalami crash di balap sprint.

Alex Rins

Kecelakaan dalam balapan sprint race di Mugello menyebabkan kaki Alex Rins patah. Dia membutuhkan dua kali operasi untuk tulang “tibia dan fibula”. Rins melewatkan dua ronde dan harus berpacu dengan waktu agar bisa tampil fit untuk MotoGP Silverstone pada 6 Agustus.

Fabio Quartararo

Pembalap asal Perancis tim Monster Energy Yamaha tersebut mengalami cedera tulang siku dalam kecelakaan yang melibatkan Johann Zarco. Quartararo membutuhkan obat penghilang rasa sakit untuk menyelesaikan akhir pekan Assen.

Francesco Bagnaia

Insiden tabrakan dengan Maverick Vinales di Le Mans mengakibatkan cedera patah tulang kecil pada pergelangan kaki Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo). Untungnya pembalap pabrikan Ducati itu tidak perlu melewatkan MotoGP Italia, dia hadir dengan tongkat kruk, tetapi beberapa hari kemudian dapat memenangkan balapan.

Alex Marquez

Crash dengan Jorge Martin di COTA membuat Alex Marquez mengalami cedera quadricep dan cedera ligamen di kakinya. “Kaki saya terjebak di antara kedua motor,”tutur Alex Marquez meski tidak membuatnya melewatkan satu putaran pun. Tabrakan dengan Luca Marini di Le Mans juga menjadi momen yang menakutkan bagi Marquez tetapi dia kembali lolos tanpa cedera.

Fabio di Giannantonio

Pebalap Gresini itu menjadi korban pertama di tahun 2023 bahkan sebelum balapan dimulai. Dalam tes Portimao dia mengalami gegar otak setelah crash, ini memicu perdebatan tentang perangkap kerikil di sirkuit. “Setiap tahun kami mengeluh tentang kerikil karena itu seperti batu yang sangat besar dan saat kamu menabraknya lebih menyakitkan daripada saat kamu menabrak aspal, ”tutur Giannantonio yang masa depannya 2024 diprediksi kuat tidak berlanjut.

Johan Zarco

Salah satu momen paling menakutkan musim ini sejauh ini adalah ketika petarung Ducati Johann Zarco tersentuh oleh motor yang terbang dari Marc Marquez. Namun tidak ada masalah serius dalam hal ini. Tabrakan dengan Fabio Quartararo di Assen mengakibatkan ceder jari yang menyakitkan bagi Zarco.

Jorge Martin

Pembalap Pramac Racing itu sangat marah pada Portimao ketika Marc Marquez menabraknya, membuatnya patah jari kaki dan cedera pergelangan kaki. “Ini bukan pertama kalinya dia menghancurkan balapan saya, ”geram Jorge Martin.

Luca Marini

Pembalap Mooney VR46 terlibat dalam insiden dengan Alex Marquez di Le Mans, yang membuatnya cedera pergelangan tangan. Masalah itu didiagnosis sebagai patah tulang tetapi Marini terus berjuang tanpa melewatkan satu seri pun sampai menemukan kerusakan ligamen dan tendon.

Raúl Fernández

Setelah menjalani operasi arm pump, pembalap tim RNF Aprilia itu berusaha kembali dengan cepat di Le Mans tetapi segera terpaksa mundur.

Augusto Fernandez

Kecelakaan yang mengerikan terjadi dalam latihan di Mugello yang memang menakutkan.

Takaaki Nakagami

Satu-satunya dari 4 pembalap Honda yang berkompetisi di Assen, dengan tiga rekannya semuanya cedera. Tapi Nakagami sendiri mengalami ketakutan besar musim ini. Dia membutuhkan rontgen setelah tangan yang dioperasi 2 kali musim lalu terjepit di antara setang saat dia mengalami kecelakaan di Jerman. Nakagami hadir tanpa cedera.

Facebook Comments

You May Also Like