Fenomena Knalpot Boom, Apaan Sih?


BeritaBalap.com – Perhatikan pada beberapa jenis knalpot. Dibagian leher (header) kerap kali dijumpai bagian cembung (membulat) mirip knalpot 2-tak. Teknologi tersebut sering disebut boom teknologi. Lantas apa fungsinya? Bisa kah dipakai untuk motor harian?

Kenny Lee, pemilik tim supermoto Kenny Motorworks asal Malaysia buka suara soal teknologi boom yang disandang pada header. “Fungsi boom pada header untuk menggeser torsi lebih ke putaran bawah dan memberikan tambahan torsi juga. Selain itu peak powernya pun berada di putaran yang lebih rendah dibanding sebelumnya,” terang Kenny.

BACA (JUGA) : Ini Dia Rahasia Desain Knalpot Boom


Nah sebenarnya, teknologi knalpot boom ini berasal dari motocross dan supermoto. Dan rata-rata teknologi ini disandang pada motor berjenis trail atau supermoto. Bahkan beberapa produsen knalpot untuk motor trail dan supermoto, menambahkan boom chamber pada produknya.

Bie Hau, product manager prodsuen knalpot merek Pro Speed pun sepakat jika teknologi boom bisa mendongkrak torsi di putaran bawah menengah. “Seperti knalpot Pro Speed untuk KLX150, banyak konsumen menyukai knalpot dengan boom pada header. Powernya lebih terasa,” sebut Bie Hau.

Asyiknya, teknologi ini bisa diaplikasi untuk kebutuhan harian. Terutama motor dengan daya jelajah pada putaran rendah hingga menengah, seperti pada motor turing yang membutuhkan torsi besar di putaran jelajah. WIC

Facebook Comments

You May Also Like