Galang Hendra Masih 19 Tahun, Masih Muda ! Lanjut Supersports Dunia (WorldSSP) ?

BeritaBalap.com-Prestasi fenomenal dan sejarah pertama bagi pebalap motor tanah air diukir Galang Hendra Pratama. Pebalap muda potensial usia 19 tahun ini sukses meraih podium juara dalam WorldSSP300 di Sirkuit Brno, Ceko, Minggu kemarin (10 Juni). Selama ini belum pernah. Walaupun kalah top-speed (berdasarkan data) dengan Ninja 400 ataupun KTM RC390R, Galang dapat unggul dalam berbagi tikungan.

Baca Juga : Walau Kalah Top Speed, Galang Hendra Hantar Juara YZF-R3 

Oh ya, perlu ditegaskan bahwa Dorna selaku promotor penyelenggara yang mengklaim ini kejuaraan dunia ya. Tahu sendiri kan sepak-terjang dan reputasi Dorna yang juga menghajat MotoGP. Lebih lanjut, dipastikan probabilitas atau potensi Galang Hendra untuk step-up atau melangkah ke jenjang yang lebih menjanjikan hadir di depan mata.

koizumi

Yaitu WSS600 atau saat ini disebut WorldSSP (World Supersports). Terlebih jika memang konsisten dalam meraih prestasi. Itu mutlak hukumnya. Percuma kalau dipaksakan. Tidak ada prestasi, malah nanti merusak image. Beritanya tidak menyegarkan. Buang duit saja ! Mantapnya, sementara ini Galang Hendra yang tergabung di tim Yamaha Pata Semakin Di Depan Biblion MotoX Racing terbaik diantara semua penunggang Yamaha YZF-R3.

Ataupun terbaik pula diantara para rider yang terpilih mengikuti program bLU cRU Challenge yang dihadirkan Yamaha Motor Eropa. Seri WorldSSP300 sendiri masih ada 3 putaran lagi. Saat ini, Galang Hendra ada di posisi ke-8 dalam klasemen sementara WorldSSP300. Patut dicatat, ini tahun pertama keikutsertaannya. Wajib adaptasi dengan trek-trek Eropa namun sejauh ini punya hasil yang menggembirakan.

Galang Hendra saat podium juara di WorldSSP300 Ceko

“Potensi Galang untuk melangkah ke WSS600 ataupun yang lain tergantung prestasinya. WSS600 adalah realistis karena bicara Moto2 musim depan (2019) dengan mesin Triumph ataupun Moto3 dimana Yamaha tidak mengembangkan motornya, “ujar Minoru Morimoto, Presiden Direktur PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dalam suatu kesempatan berdiskusi dengan penulis. Ditegaskan Morimoto bahwa Galang Hendra merupakan hasil sinergi dari Yamaha Motor Company (YMC), Yamaha Motor Eropa dan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

Anyway, faktanya memang Yamaha terlihat memiliki tahapan yang jelas dan realistis mulai WorldSSP300, lanjut WorldSSP (600 cc) dan WorldSBK (1000 cc). Perfomanya sangat kompetitif untuk kelas-kelas tersebut. Bahkan memborong podium juara secara bersamaan yaitu WorldSSP300, WorldSSP dan WSBK saat putaran Brno, Ceko. Yang pasti, usia Galang Hendra masih 19 tahun. Masih muda. Pastinya masih lajang dan masih potensial. Masih prospektif ! BB1       

Facebook Comments

You May Also Like