Hanya Satu Rookie Yang Bisa Langsung Juara Dunia MotoGP Sejak Dimulai 2002

BeritaBalap.com-Penobatan gelar rookie of the year atau pendatang baru terbaik berlangsung sejak MotoGP tahun 2002 hingga saat ini. Yang terbaru (musim 2021) dimenangkan oleh Jorge Martin (Pramac Racing). Secara keseluruhan, Jorge Martin yang bersaing ketat dengan Enea Bastianini berada di peringkat ke-9.

BACA (JUGA) : Bastianini Ungkap Kelemahannya Yang Wajib Diperbaiki, Apa Targetnya 2022 ?

Ternyata pula berdasarkan data, bahwa hanya ada 1 pembalap rookie yang bisa juara dunia MotoGP sejak gelar rookie of the year diperkenalkan tahun 2002. Adalah Marc Marquez (Repsol Honda) yang merebut juara dunia MotoGP 2013. Marquez yang menang dalam 6 seri MotoGP saat itu hanya unggul 4 poin atas rivalnya Jorge Lorenzo (Yamaha Factory Racing).

koizumi

Secara garis besar saja, adapun yang pertama kali memenangkan rookie of the year di tahun 2002 ialah Daijiro Kato. Posisi akhirnya ke-7, maksudnya dalam klasemen akhir. Saat itu, petarung asal Jepang ini mengalahkan John Hopkins dan Pere Riba.

BACA (JUGA) : Marquez Akui Ketidakpastian Kondisi Matanya Walaupun Sudah Latihan MX

Kemudian tahun selanjutnya milik Nicky Hayden dan Dani Pedrosa, keduanya membela tim Repsol Honda. Lanjut 2007 milik Sylvain Guintoli yang notabene ada di urutan ke-16 dalam peringkat akhir. Yang menarik adalah Tito Rabat yang menang rookie of the year karena memang sendirian menjadi rookie, itu di musim 2016.

Tahun 2012 dianggap salah satu perebutan rookie of the year yang seru karena ada 6 petarung. Mulai Stefan Bradl, Michele Pirro, Yonny Hernandez, Danillo Petrucci, Mattia Pasini dan Ivan Silva. Pada akhirnya, Bradl yang berada di tim LCR Honda dapat memenangkannya. Kalau pemegang rookie 2014 dan 2015 milik Pol Espargaro dan Maverick Vinales. BB1

 

Facebook Comments

You May Also Like