Ibnu Sambodo : Harus Segera Dibuat Regulasi Balap Sport 250 Buat ZX-25R

BeritaBalap.com-Ibnu Sambodo selaku pemilik tim Manual Tech Kawasaki ikut mengomentari kehadiran varian anyar Kawasaki ZX-25R beberapa waktu lalu. Pastinya, konteks pembicaraan mengarah pada dunia balap. Itu disiplin ilmunya. Ha ha ha ha.. Terlebih, selain sebagai owner-team, Ibnu Sambodo, akrab disapa Pak De juga selaku Chief-Mechanic.

“Sejak hadirnya 2 silinder Sport 250 cc, Kawasaki yang jadi pendahulu. Selanjutnya yang 4 silinder. Ini sudah lama diriset dan dikembangkan. Ingat ya, yang mesin 2 silinder saja Ninja 250 FI yang terkencang karena kita juara Asia AP250 (ARRC 2019), ditambah lagi jika kemudian menggunakan ZX-25R ini, “tukas Pak De yang bermarkas di Jl. Kaliurang Km. 8,4, Sleman, Yogyakarta. Tepatnya ada diler 2S Kawasaki M-Tech di sebelah timur jalan.

BACA (JUGA) : Ada Kru Tim Manual Tech & Rider AM Fadli Jajal Ninja ZX25R Di Sentul, Apa Kata Ibnu Sambodo ?

koizumi

Lebih lanjut, Pak De yang di balap internasional dan nasional diperkuat rider muda AM Fadli juga mengungkapkan perlunya segera dibuat regulasi untuk kehadiran ZX-25R yang bawaan aslinya sudah dibekali tenaga sekira 50 HP (Horse Power). Maksudnya untuk di arena balap. Harus dibuat khusus agar nantinya tidak menjadi problem. Misal dengan berat minimal motor ataupun limiter RPM (mesin) seperti regulasi “equaliser” pada Asia Road Race (ARRC).

“Jadi spek 4 silinder itu pasti lebih baik dari yang 2 silinder. Itu dijamin. Bukan hanya bicara horse power puncak, tetapi juga power-band atau rentang tenaga. Belum lagi soal handling motor yang dijamin jauh lebih enak karena distribusi power pada 4 silinder yang membuat kinerja mesin lebih ringan, jaug dari getaran hebat, termasuk spesifikasi kaki-kaki dan sebagainya, “tutur Pak De yang di balap nasional (IMS 2020 Sentul) sudah mendapatkan sponsor baru.

“Maka dari itu, segera dipikirkan regulasinya Sport 250 cc untuk yang konstruksi mesinnya 4 silinder. Jangan sampai terlambat, baik di skala nasional ataupun Asia Road Race, “tambah Pak De yang musim 2020 ingin mencetak sejarah dengan kembali meraih jawara umum AP250.

Oh ya, beberapa waktu lalu saat dilakukan pengetesan ZX-25R oleh awak media, racer AM Fadli juga ikut mengujicoba ZX-25R untuk pertama kalinya di Sirkuit Sentul Besar, Bogor. Dalam kondisi standar saja sudah spesial. Itu kata jawara AP250 ARRC 2019 ini.

“Yang jelas engine power lebih bagus dari motor yang 2 silinder, handling juga sangat enak sekali menurut saya dan motor ninja 4 silinder ini sudah dilengkapi quickshifter, jadi nggak perlu capek-capek pakai kopling lagi, “timpal AM Fadli yang juga pembalap tim Manual Tech. BB1

Tonton VIDEO Tentang Perkiraan Biaya Balap Asia Road Race Untuk 1 Tahun Musim Kompetisi :

Facebook Comments

You May Also Like