Ini Data Sementara Puluhan Produk Yang Terdaftar Homologasi IMI, Ayo Batas Waktu 15 Februari !

BeritaBalap.com-Menghadapi musim kompetisi 2024, Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat mengeluarkan aturan mengenai pendaftaran produk yang digunakan di ajang balap motor. Ketentuan ini tertuang dalam Surat Keputusan IMI Pusat Nomor: 011/IMI/SK-ORGAN/A/I/2024 tentang Registrasi Jenis dan Type Produk/Suku Cadang Kendaraan Bermotor dalam Olahraga Sepeda Motor Ikatan Motor Indonesia. Tujuannya, menyinergikan keselarasan antara pihak produsen dengan regulator dari IMI Pusat untuk membangun industri balap motor Indonesia lebih maju.

Sejak Desember 2023 mulai disosialisasikan kepada produsen atau pemilik merek suku cadang termasuk perlengkapan berkendara, aturan registrasi produk ini mendapat respons positif. Terbukti, sebanyak 43 merek telah mendaftarkan produknya  ke tim koordinasi yang dibentuk IMI Pusat. Intinya, semua produk yang terkait dengan dunia balap motor harus teregistrasi di IMI di bawah naungan Deputi Olahraga Sepeda Motor.

Program ini sebetulnya telah digagas IMI sejak 2019 namun terkendala Covid  hingga akhirnya mulai 2023 kembali diterapkan. Menurut Eddy Saputra, Deputi Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat, dikeluarkannya keputusan mengenai registrasi produk bertujuan meningkatkan mutu dan kualitas pembalap-pembalap Indonesia agar bisa bersaing di tingkat internasional.

koizumi

“ Kita sudah mempunyai program pembinaan dan prestasi balap motor yang harus berkesinambungan dijalankan. Pada pelaksanaanya, semuanya memiliki kepentingan termasuk pihak sponsor khususnya  produsen spare part turut menjadi bagian yang berkontribusi langsung terhadap prestasi pembalap. Untuk itulah kami mengeluarkan aturan registrasi ini untuk sama-sama ikut mendukung kelangsungan dunia balap ini tetap berjalan. Balapan bisa diadakan sesuai jadwal, pembalap mencetak prestasi, sementara pihak produsen juga bisa beraktivitas mempromosikan poduknya,” ujar Eddy Saputra dalam pertemuan dengan pihak produsen dan pemilik merek di kantor IMI Pusat Senayan, Senin (5/2/2024).

Eddy Saputra, Deputy Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat

Dengan melakukan registrasi, IMI Pusat akan memasukan daftar produknya ke dalam buku Peraturan Nasional Olahraga Kendaraan Bermotor (PNOKB) 2024 yang akan disebarkan ke seluruh IMI Provinisi serta di website resmi IMI. Biaya yang dikenakan untuk registrasi produk ini sebesar Rp 5,000,000,- dengan jangka waktu satu tahun. Ketentuan registrasi produk ini berlaku untuk Kejuaraan Balap Motor Nasional seperti Motoprix, OnePrix dan Mandalika Racing Series.

Hal ini yang akan menjadi dasar perlindungan terhadap penggunaan produk dalam kegiatan olahraga balap sepeda motor selama satu musim kompetisi.

“Jadi tidak sekadar hanya membayar registrasi , namun bila ada pembalap/tim tidak menggunakan produk yang sudah teregistrasi, sangsinya adalah diskualifikasi. Di setiap kejuaraan, akan ada juri dari IMI Pusat yang akan mengawasi proses ini dan bila ditemukan adanya pelanggaran, silakan dilaporkan.”

Sedangkan Jeffry JP, selaku Ketua Badan Pengawas IMI Pusat menjelaskan, bahwa balap motor akan menjadi contoh pengaplikasian registrasi produk karena telah tumbuh menjadi sebuah industri.

“ Tahapan selanjutnya yang akan kita rancang adalah turut mendorong produk dalam negeri untuk memiliki kapasitas dan daya saing tinggi agar bisa digunakan di event internasional dengan homologasi FIM. Kita tengah menjajaki bekerja sama dengan pihak Puspitek untuk pengujian produk hingga mendapatkan sertifikasi,” ujar Jeffry.

Masa registrasi produk ini akan ditutup hingga 15 Februari 2024 dan dipastikan tidak akan ada tambahan lagi saat kompetisi balap motor berlangsung di tahun 2024.

Daftar Produk yang sudah teregistrasi :

  1. Uma Racing
  2. RCB
  3. Proliner
  4. VND
  5. Ultraspeed Racing
  6. Creampie Muffler
  7. Cardinal Racing Indonesia
  8. Kawahara
  9. BRT
  10. Motobatt
  11.  Chemco (Nissin)
  12. Gordons Racing
  13. AHRS
  14. NHK Helmet
  15. SYS & MFZ Racing
  16. Dynapolt Teknologi Indonesia
  17. GS Astra
  18. Aspira Premio
  19. Pirelli
  20. KYB
  21. DID Racing Chain
  22. Ardians Racing Suit/HRP
  23. NGK Busi
  24. Brisk Busi Indonesia
  25. RK Chain (Surya Tritunggal)
  26. SSS
  27. KYTA
  28. NWN
  29. PT. Anugerah Aneka Industri
  30. RBT34 Racing
  31. God Speed Motor
  32. MBR Tech
  33. Accossato
  34. DNA
  35. PT. Gema Air Masindo (BPro)
  36. KYT Helmet
  37. WR3 Sprocket (Leo Sunarno)
  38. TDR
  39. Apitech
  40. YSS
  41. RPD
  42. Ohlins
  43. PT Putra Prima Glosia (Arai, RS Taichi
Facebook Comments

You May Also Like