Ini Jawara Kelas Media (Yamaha Endurance 2019 Sentul), Over All Masuk 10 Besar, Strateginya ?

BeritaBalap.com-Pabrikan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menghadirkan balap ketahanan khusus kelas media. Itu dalam event Yamaha Endurance Festival 2019 di Sirkuit Sentul, Bogor, Minggu (15 September). Jadi ingat ya, ini balap ketahanan. Bukan balapan biasa pada umumnya.

Ternyata yang menjadi pemenang ialah tim Media 1. Ini terdiri dari Antonius “Aan”, Heru “Gozy” dan Manut. Itu foto mereka di bagian atas berita ini saat bersama Dodiyanto IRC. Sebetulnya, mereka tidak diunggulkan sebelumnya (berdasarkan data kualifikasi).

Hanya Aan yang sebetulnya dijagokan jika mencermati best-time. Oh ya, sekilas informasi saja. Ada 3 tim Media yang notabene 1 tim diisi 3 pembalap. Total ada 9 starter. Nah, mereka ini tidak serta-merta memilih team-mate sesuai keinginan masing-masing. Tapi semua formasi diatur agar nantinya kompetitif. Itu yang menarik dan sedap ditonton.

koizumi

Namun pada akhirnya, strategi yang berbicara dalam konteks balap ketahanan. Kan 2 jam balapannya. Tinggal bagaimana mereka mengatur strategi dalam hal momen pergantian pembalap, juga strategi di lintasan ketika bicara konsistensi lap-time, juga soal menjaga kinerja ban tetap optimal. Kan tidak boleh ganti ban. Apa dong strateginya ?

Ini pengakuan Heru Gozy, salah satu anggota tim media 1 yang sukses meraih terbaik diantara tim Media lainnya dan menembus 10 besar untuk kategori Sport 150 cc secara over-all atau keseluruhan peserta.

“Kalau saya sekitar 15 lap. Memang lebih banyak Aan Otomotif, sekitar 22-23 lap. Lap awal, saya sempat problem pada knalpot hingga masuk lebih cepat. Nah, ini yang kemudian diperbaiki oleh Aan karena memang di tim kami, dia yang punya best-time lebih baik 2 menit 10 detik, “ujar Heru Gozy dari media OtoJateng (Youtube Channel).

“Terpenting adalah menjaga ban agar tidak cepat aus. Jadi kita tidak terlalu ngepush namun konsisten. Mungkin sekitar 2 menit 14-16 detik averagenya, “tambah Heru Gozy yang total melahap sekitar 15 lap, sedangkan Manut sekitar 7-8 lap. Total mereka menghabiskan 50 lap untuk kompetisi balap ketahanan 2 jam ini. BB1

Facebook Comments

You May Also Like