Ini Rahasia Mesin All New R15 Tercepat di Sunday Race Sentul, Tim Yamaha Akai Jaya by MBKW2

Beritabalap.com-Ini dia All New Yamaha R15 terkencang di seri pertama Yamaha Sunday Race 2019 Sentul, Minggu kemarin (23 Juni). Jokinya adalah Fahnisyar Nurjabad atau populer dengan nama Iksan Lala. Timnya Yamaha BAF Yamalube Pirelli Akai Jaya MBKW2 yang notabene berasal dari Palu, Sulawesi Tengah.

Pasukan tersebut dikomandoi Andi Raja Limbunan, akrab disapa Andi Akai sebagai owner-team yang juga pemilik main-dealer Yamaha wilayah Sulteng dan pastinya dukungan mekanik bengkel MBKW2 Jogjakarta. Oh ya, bagi yang belum paham, bahwa saat ini pabrikan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menetapkan aturan main bahwa peserta kelas Sport 150 cc Pro wajib dengan pacuan All New R15. Tidak bisa ditawar ya.

Tim Yamaha Akai Jaya dengan manajer tim, Keshley (ke-5 dari kiri)

Pastinya, terlepas dari R15 lama sukses meraih  juara nasional dalam 4 tahun belakangan, namun musim ini adalah timing untuk riset mendalam All New R15. Makin spesial, tahun 2019 ini tidak ada balapan Kejurnas (IRS). Alhasil, All New R15 makin fokus diriset dan dipastikan 2020 lebih ngacir.

“Jadi All New R15 dengan perangkat VVA masih dalam tahap awal riset. Namun sudah dengan tenaga 34,5 HP (Horse Power) dan torsi 21,8 nM. Secara basic mesin memang berbeda dengan R15 lama. Yang baru ini portingnya jauh lebih baik, juga kruk-asnya lebih kuat, “tukas Yogi MBKW2 yang menangani mesin Yamaha Akai Jaya dan menyebut bahwa AFR efektif diplot pada 11,5.

Yogi MBKW2 yang menjadi chief-mechanis di tim Yamaha Akai Jaya asal Palu, Sulawesi Tengah

Catatan penting, bahwa semua rider di YSR 2018 Sentul menyebut sasis, sok up-side-down dan body All New R15 lebih enak dari R15 lama. Lebih berani saat momen masuk dan keluar tikungan. Tinggal saja, tuner yang berupaya optimal memaksimalkan putaran atasnya. Dijamin rekor best-time R15 lama terpecahkan.

“Sementara ini durasi bermain di angka 260 derajat. Inipun belum maksimal. Liftnya 8,5 mm dengan klep 22 dan 19 mm. Jadi ini masih awal, Mas namun sudah bisa 34,5 HP. Step by step kita tingkatkan. Untuk diameter portingnya 32 mm. Kita siap buat kejutan lagi di seri ke-2, “tegas Yogi MBKW2 yang menyebut perbandingan kompresinya 13,7 : 1 dengan dukungan otak pengapian ECU aRacer V3. BB1

Spesifikasi Mesin :

Klep : 22/19 mm
Lift Klep : 8,5 mm
Porting in :  32 mm
ECU : aRacer v3
Rasio : Motto 1
Final Gear : 16-47
Knalpot : Proliner

Hasil Juara Sport 150 cc :

Facebook Comments

You May Also Like