Ini Rahasia Mesin Ninja 150 Best-Time 6,996 Detik Saat Seri 4 IDC 2017 Purbalingga

Beritabalap.com-Bagi yang belum paham, foto dan materi berita yang akan dibahas portal beritabalap.com yang paling lengkap bicara berita balap ini adalah pacuan Ninja 150 yang merebut catatan waktu terbaik 6,996 detik saat seri ke-4 Kawahara IRC IDC 2017 di Purbalingga, Jawa Tengah, Minggu kemarin (3 September).

Adapun jokinya ialah Joko Precil yang mengibarkan bendera tim Rannalt Racing Team. “Kita berupaya membuat tenaga bawa lebih smooth, terlebih saat momen start. Ini penting agar tidak sliding berlebihan dan mudah dikontrol. Salah satunya dengan perbandingan final-gear yang lebih berat menjadi 14/39. Hitungan rasio juga berbeda. RPM tertinggi dapat mencapai 13.900. Jadi efektif mencapai tenaga puncak, “tukas Rio Kampret selaku mekanik tim yang bermarkas di Yogyakarta. Ini pasukan yang dikomandoi Taufik Omponk, mantan dragster nasional.

Soal rasio silahkan dibandingkan dengan yang lain. Terutama rasio 1 dan 3 yang diprediksi kuat berbeda dari yang lain. Angka koefisien (hasil pembagian) didapat lebih rendah yang berarti karakter tenaganya lebih mulur.

koizumi
Perbandingan gigi rasio dan final gear diramu ulang untuk mensupport start yang lebih lembut

Bagaimana dengan port-exhaust yang pastinya menjadi kunci rumusan motor bakar 2 langkah ? “Tingginya lubang buang 28,2 mm dengan lebar 44 mm. Sedang lubang transfer dan bilasnya masing-masing 42 mm dan 42,5 mm. Intinya peak-performance lebih maksimal, “tambah Rio Kampret yang mematok perbandingan rasio 1 dengan perbandingan gigi 16-28, lanjut 20-28 (rasio 2),  std/24 (3), selebihnya standar pabrik.

“Kuncinya, start di rentang kisaran RPM 9000 an. Butuh insting agar dapat aman lepas dan tepat dalam transfer perseneling, “ujar Joko Precil yang notaben selain raih hadiah kategori best-time, juga hole-shoot, yaitu yang mencatat perdana torehan waktu dibawah 7 detik. Wow…. selamat ya bro dan Rannalt Racing Team. Ojo lali numpang tidur di lantai 2 yang ada ACnya ya kalau kita main ke bengkel. one”s/BB1 

Spesifikasi :

Karburator    : Keihin PWK 38

Main jet         : 165

Pilot jet          :  68

Knalpot         : KDX

 

 

 

Facebook Comments

You May Also Like